Press "Enter" to skip to content

Diskominfotik Perkenalkan Sidara Cantik

NUNUKAN – Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Kalimantan Utara dan Diskominfo Kabupaten Nunukan, sosialisasikan  aplikasi Sidara Cantik, Kamis (05/03/20)di LT 1 Kantor Bupati Nunukan.

Sidara Cantik merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan untuk mengetahui perkembangan pembangunan suatu daerah baik, Infrastruktur maupun perkembangan ekonomi dan tingkat kebutuhan masyarakat di Kalimantan Utara.

Peserta Pelatihan Sidara Cantik di Lantai 1 Kantor Bupati Nunukan

Menurut Kasi Evaluasi dan Pelaporan Statististik Diskominfo provinsi Kalimantan Utara, ElstivenS.Sos, M.Si, Sidara Cantik ini bermanfaat membantu perencanaan daerah dan memperlancar perekonomian masyarakat, serta mampu memonitoring kebutuhan masyarakat di suatu daerah.

” Jika Pemimpin Daerah mencari data tinggal membuka aplikasi sudah bisa melihat data data Kabupaten Nunukan hingga Kabupaten Bulungan.” kata Elstiven.

Karena itu melalui kegiatan ini, Peserta dari masing-masing perangkat daerah (PD) dibekali pelatihan agar mampu mengaplikasikan mekanisme teknis upload dan download data website berbasis aplikasi ini, sehingga nantinya pengelolaan data bagi setiap OPD di bidang publikasi dan dokumentasi di Nunukan lebih mudah dan terintegrasi.

Kabid Statistik Diskomimfo Kaltara, Rita Rosanna SE M.Si mengatakan aplilasi berbasis website tersebut, dapat memperlancar kompilasi data produk administrasi sebagai dasar data informasi statistik sektoral Pemprov Kaltara melalui komputer (PC) yang dapat diakses seluruh OPD termasuk pimpinan daerah.

Hal ini bertujuan sebagai solusi kelancaran pengiriman data dan produk administrasi. Membangun gerbang utama aplikasi yang diharapkan secara bertahap memberikan kemudahan bagi OPD untuk menyampaikan data dan informasi ke Diskominfo Kaltara serta menampilkan data-data dan informasi dengan format teks dan grafik statistik.

Keunggulan Sidara Cantik ini, kata Rita, penginputan data dapat dilakukan secara online bagi setiap Perangkat Daerah sangat mudah. Sistem ini juga dilengkapi dengan hirarki hak otoritas untuk kontributor atau penginput data sehingga verifikasi dan publikasi data yang dirilis memiliki validitas yang baik.

” Jadi pengaplikasian Sidara Cantik ini mudah, sangat memungkinkan di kembangkan sesuai kebutuhan daerah, dan juga dilengkapi dua slot, untuk provinsi dan kabupaten kota.” jelas Kabid Statistik Diskominfotik Kalimantan Utara ini.

Terkait dengan keamanan data website, Diskominfotik bekerjasama dengan bidang Persandian Kaltara, membackup data dari setiap Kabupaten kota agar data yang diupload tetap terjaga.

Sistem Informasi data Statistik Sektoral Provinsi Kalimantan Utara, Cepat, Akurat, Nir Biaya, Transparan, Informatif dan Konkrit (Sidara Cantik) ini, merupakan aplikasi meta data yang menghasilkan data, akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses, sharing informasi antar instansi pusat dan daerah melalui pemenuhan standar data, meta data, Interprobabilitas data, dan menggunakan kode referenci dan data induk.#RDM

Bagikan :

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes