Press "Enter" to skip to content

KPU Nunukan Edukasi Pemilih Dalam Simulasi Pemungutan Dan Perhitungan Suara Pemilu 2024.

NUNUKAN, marajanews.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nunukan mengggelar Simulasi Pemungutan dan Pergitungan Suara Pemilu 2024, Selasa (26/7/23) di Alun alun Kota Nunukan.

Lokasi Simulasi Pencoblosan Pemilu 2024 di Alun alun Nunukan.
Lokasi Simulasi Pencoblosan Pemilu 2024 di Alun alun Nunukan.

Simulasi ini diikuti sekira 100 Pemilih diantaranya, masyarakat, disabilitas dan media massa serta anggota PPK dan PPS Nunukan.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Nunukan, Kaharuddin, SE mengatakan simulasi dilakukan mulai dari proses pencoblosan hingga perhitungan suara.

“Hingga pukul 10.00 WIB antrean pemilih masih cukup panjang. Dari 100 pemilih, baru 50% yang menggunakan hak pilihnya pada pukul 10.00 WIB dan simulasi ini ditargetkan selesai pada pukul 13.00 WIB.” kata Kahar.

Disampaikannya, dari simulasi ini dapat diketahui nanti durasi waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk mencoblos lima jenis surat suara itu berapa menit.

Petugas KPPS meregistrasi Pemilih yang akan melakukan pencoblosan.
Petugas KPPS meregistrasi Pemilih yang akan melakukan pencoblosan.

” Saya kira waktu lima menit itu paling lama bagi setiap orang dalam menggunakan hak pilihnya. Nanti ada tim evaluasi dalam penghitungan waktu pencoblosan sehingga saat hari H dapat menghitung perkirakan pencoblosan membutuhkan waktu berapa lama,” terang Kahar.

Kahar menjelaskan, pencoblosan ini menggunakan spesimen surat suara, meski tidak sama dengan surat suara asli namun dapat mengedukasi pemilih dalam melakukan pencoblosan.

Hasil pemunguatan suara nantinya tidak bisa dijadikan asumsi untuk perolehan suara calon tertentu, karna di dalamnya tidak mencantumkan nomor urut partai dan nama calon kontestan, begitupula untuk pilpres itu hanya menggunakan dua calon, padahal aslinya ada tiga calon.

Petugas KPPS mengabsensi Pemilih yang telah teregistrasi di TPS untuk melakukan pemcoblosan.
Petugas KPPS mengabsensi dan menyampaikan lima kertas suara kepada Pemilih yang telah teregistrasi di TPS untuk melakukan pemcoblosan.

” Melalui simulasi ini kita berharap dapat mengedukasi masyarakat, agar pelaksanaan pemungutam suara pada 2024 bisa sukses,” tambanya.

Para pemilih menggunakan hak suara untuk lima jenis surat suara yang berbeda warna, diantaranya, Abu abu surat suara Pilpres, Kuning Surat Suara Pemilihan DPR RI, Merah Surat Suara Pemilihan DPD, Biru Surat Suara Pemilihan DPRD Provinsi, Hijau Surat Suara Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota.

Pemilih memasukkan kertas suara ke masing masing kotak suara yang disediakan KPPS.
Pemilih memasukkan kertas suara ke masing masing kotak suara yang disediakan KPPS.

” Ayo datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 Februari 2024 dan gunakan hak pilih Anda. Jangan sia-siakan kesempatan berharga ini dengan golput. Dengan mencoblos, kita turut berperan dalam menentukan masa depan bangsa dan turut menjaga keutuhan demokrasi di Indonesia.”ajak Kahar.#m02.

Bagikan :