Press "Enter" to skip to content

Lanal Nunukan Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan International Di Perairan Sebatik.

NUNUKAN, marajanews.id – Tim Secon Fleet Quick Respon TNI Angkatan Laut Nunukan dan tim Satgas OPS Kogabpam Tri Dharma-01 Kopaska Koarmada II menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis Sabu di Perairan Sebatik Kabupaten Nunukan.

Sabu seberat 1.018 gram dan 500 butir pil ekstasi merupakan Narkoba yang diamankan berasal dari jaringan Internasional Tawau – Malaysia, kini barang tersebut telah diamankan di mako Lanal Nunukan.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan, Letkol Laut (P) Handoyo, SH, M.Si, M.Tr.Opsla mengatakan,  Lanal Nunukan menggagalkan penyelundupan narkoba itu pada Senin (29/4/24) .

Disampaikannya bahwa Lanal nunukan beserta tim Satgas Ops Kogabpam tri dharma-01 Kopaska Koarmada II mendapatkan informasi intelijen tentang adanya rencana pengiriman narkoba dari Tawau Malaysia melewati perairan Sebatik.

“ Tim gabungan mendalami informasi tersebut dengan melaksanakan peningkatan intensitas pengawasan dan patroli Keamanan Laut (Kamla) terhadap perahu/ speedboat yang berlayar di perairan sebatik.” Kata Dan Lanal Nunukan.

Dijelaskannya, pada pukul 20.50 wita, tim melihat 1 buah speedboat kecepatan tinggi yang mencurigakan dari arah tawau malaysia menuju perairan sebatik.

Tim kemudian rencananya hendak memeriksa speedboat tersebut namun tak sempat memeriksa, Speedboat ternyata berbalik arah melaju kencang.

Saat dilakukan pengejaran tembakan peringangatan pun diberikan namun tidak dihiraukan. oleh motoris speed boat tersebut. Malah ABK speedboat terlihat membuang sebuah bungkusan plastik besar ke laut.

Dikarenakan speeedboat sudah memasuki perairan tawau malaysia akhirnya tim kembali untuk menyisir perairan guna mencari bungkusan tersebut.

Dari hasil pemeriksaan barang bukti yang diamankan, didapatkan 1 (satu) buah  bungkusan yang berisi narkotika jenis sabu-sabu seberat 1.018 gram dan 500 butir pil ekstasi.

Penggagalan penyelundupan narkotika ini merupakan bentuk keseriusan tni al dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba di negara indonesia khususnya wilayah perairan perbatasan RI -Malaysia.#dwi-hmslanalnnk

Bagikan :