Press "Enter" to skip to content

Survei SSI: Kepuasan Masyarakat Nunukan Tinggi, Infrastruktur dan Listrik Jadi Fokus Utama.

NUNUKAN, marajanews.id – Survei kuantitatif oleh Script Survei Indonesia (SSI) mengenai evaluasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan di bawah kepemimpinan Bupati Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D, menunjukkan bahwa 74 persen dan 34 persen masyarakat menyatakan puas atau cukup puas.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah Nunukan, Joned, mengungkapkan bahwa secara umum masyarakat puas terhadap kinerja pemerintah daerah.

“Kepuasan kinerja di bidang pendidikan mendapatkan apresiasi sangat tinggi, diikuti oleh bidang kesehatan di posisi kedua, lalu bidang keamanan dan penanganan kriminalitas serta penegakan hukum,” kata Joned saat dikonfirmasi pada Jumat, (19/07/24).

Tabulasi Data Tingkat Kinerja Pemerintah Kabupaten Nunukan di berbagai Bidang.
Tabulasi Data Tingkat Kinerja Pemerintah Kabupaten Nunukan di berbagai Bidang.

Menurut Joned, apresiasi publik terhadap Pemkab Nunukan tersebar merata di seluruh lintas generasi dan kelompok sosial ekonomi. Khusus untuk Generasi X dan Generasi Y, perlu perhatian lebih terhadap aspirasi dan evaluasi yang mereka sampaikan mengenai kinerja Pemkab Nunukan.

“Evaluasi program unggulan secara umum menunjukkan bahwa publik mengapresiasi program-program yang diimplementasikan oleh Pemkab Nunukan. Namun, perhatian lebih diperlukan pada sektor listrik dan infrastruktur jalan yang menghubungkan antar desa,” jelasnya.

Namun demikian, kata Joned, selain tantangan geografis Kabupaten Nunukan, juga diperlukan peningkatan intensitas sosialisasi dan edukasi program agar masyarakat merasa dilibatkan dan dapat berpartisipasi secara luas melalui pendekatan bottom-up.

“Kita paham kondisi geografis Kabupaten Nunukan, ini membutuhkan keberlanjutan dan perhatian dari seluruh elemen dan stakeholder,” ujarnya.

Dari hasil survei, kesimpulan dan rekomendasi yang muncul adalah bahwa masalah pengembangan listrik, infrastruktur (jalan, pedestrian, air bersih), agraria (pertanian, perkebunan, dan pengairan), pembangunan sarana dan prasarana transportasi, pengendalian bencana banjir dan tanah longsor, serta ketenagakerjaan mendapat perhatian publik tertinggi sebagai masalah mendesak yang harus segera diselesaikan.

Secara terpisah, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D, bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat. Kinerja selama lebih dari tiga tahun dinilai positif oleh masyarakat. Hasil survei ini akan menjadi pijakan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik yang berkelanjutan.

Infografis Survay SSI terhadap Kinerja Pemerintahan Kabupaten Nunukan.
Infografis Survay SSI terhadap Kinerja Pemerintahan Kabupaten Nunukan.

“Alhamdulillah atas apresiasi masyarakat. Inshaallah ke depan Pemerintah Daerah akan terus berkomitmen membawa Kabupaten Nunukan semakin maju,” katanya.

Laura juga menegaskan bahwa Pemkab Nunukan berkomitmen untuk menanggapi prioritas perhatian pemerintah berdasarkan hasil survei yang menunjukkan kekurangan dan perlu diperhatikan.

“Seluruh indikator masalah yang dianggap kurang dan perlu perhatian akan menjadi prioritas pemerintah. Mohon dukungan doa dan semangat dari masyarakat Nunukan,” tegasnya.

Bupati Nunukan dua periode serta kepala daerah perempuan pertama di Kalimantan Utara ini mengaku akan terus meningkatkan pembangunan demi kemajuan Nunukan dan berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami dan pemerintahan yang akan datang akan terus melakukan perbaikan dan berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat. Catatan dan harapan dari hasil survei sangat berharga sebagai masukan,” imbuhnya.

Lembaga survei SSI adalah lembaga survei yang telah mendapatkan sertifikasi resmi dan terdaftar di KPU RI sebagai lembaga survei atau jajak pendapat dan penghitungan cepat hasil Pemilihan Umum tahun 2024. Terdapat 81 lembaga survei yang telah bersertifikat resmi.#Adv

Bagikan :