Press "Enter" to skip to content

Bagaimana Infrastruktur Mendorong Ekonomi Pedesaan, Ini Kata Andi Akbar Djuarzah

NUNUKAN, marajanews.idCalon Bupati Kabupaten Nunukan, Andi Akbar Djuarzah, menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan.

Dalam sosialisasi yang digelar didesa srinanti seimenggaris itu, pasangan Gerakan Andi Akbar Serfianus (GAAS) untuk Pilkada 2024, menilai bahwa pembangunan jalan tani, akses air bersih, dan infrastruktur dasar lainnya merupakan kunci untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nunukan.

Menurutnya, infrastruktur yang memadai akan membuka peluang bagi para petani dan pelaku usaha kecil di desa untuk lebih mudah mendistribusikan produk mereka ke pasar.

“Jalan tani yang baik akan memastikan hasil panen dapat dijual dengan harga yang lebih kompetitif karena biaya transportasi lebih rendah,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa akses yang lebih baik akan meningkatkan daya saing ekonomi lokal. Selain itu, penyediaan air bersih di daerah pedesaan juga perlu menjadi perhatian.

Disampaikannya bahwa akses air bersih tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat tetapi juga pada produktivitas pertanian.

“Dengan tersedianya air bersih yang cukup, petani bisa meningkatkan hasil tanam mereka, terutama di sektor pertanian skala kecil yang sangat bergantung pada irigasi,” kata Andi Akbar Djuarzah.

Pasangan Andi Akbar Serfianus (GAAS) juga menyoroti pentingnya infrastruktur komunikasi, infrastruktur telekomunikasi seperti jaringan internet yang kuat akan membuka lebih banyak peluang bagi desa-desa di Nunukan untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital.

“Ekonomi desa akan lebih berkembang jika kita memastikan akses yang lebih baik ke teknologi dan informasi,” sebutnya.

Dikesempatan tersebut Andi Akbar juga menambahkan bahwa selain meningkatkan infrastruktur fisik, pasangan GAAS berkomitmen untuk mendorong peningkatan kapasitas masyarakat desa dalam memanfaatkan peluang ekonomi baru yang tercipta dari infrastruktur yang lebih baik.

“Kami tidak hanya akan membangun jalan dan jembatan, tetapi juga membantu masyarakat memanfaatkan potensi ekonomi mereka,” ungkap Andi Akbar.

Salah satu prioritas utama pasangan GAAS adalah peningkatan konektivitas antar desa, wilayah pedesaan yang terkoneksi dengan baik akan memiliki akses yang lebih besar ke pasar, pendidikan, dan layanan kesehatan.

“Kami ingin memastikan bahwa desa-desa di Nunukan tidak lagi terisolasi,” tegas Andi Akbar, menjelaskan bahwa keterbukaan akses ini akan menjadi dorongan utama dalam programnya.

Dalam visi pembangunan pasangann GAAS, juga menekankan pentingnya Pembangunan keberlanjutan dalam pembangunan infrastruktur. Andi Akbar menyatakan bahwa proyek-proyek pembangunan yang mereka usung akan fokus pada efisiensi jangka panjang dan memperhatikan dampak lingkungan.

“Pembangunan harus seimbang antara kebutuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan,” tambahnya.

Pasangan calon ini juga menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap dan merata di seluruh wilayah Kabupaten Nunukan agar semua wilayah, dari yang paling terpencil hingga yang lebih dekat dengan pusat kota, merasakan manfaat dari pembangunan ini.

Ia juga menambahkan bahwa pemerataan pembangunan merupakan bagian dari strategi mereka untuk mengurangi kesenjangan antara desa dan kota.

Andi Akbar juga menyinggung soal keterlibatan masyarakat dalam Pembangunan infrastruktur yang baik harus melibatkan masyarakat secara aktif.  Masyarakat yang tahu apa yang paling dibutuhkan di wilayahnya.

Ia menekankan bahwa GAAS akan selalu membuka ruang diskusi dengan masyarakat untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan kebutuhan lokal.

Menjelang Pilkada 2024, pasangan Andi Akbar Serfianus (GAAS) berharap bahwa visi dalam membangun infrastruktur pedesaan yang lebih baik akan mendapat dukungan dari masyarakat Nunukan.

“Kami percaya bahwa dengan membangun infrastruktur yang kuat, kita bisa mendorong ekonomi pedesaan ke arah yang lebih maju,” tutup Andi Akbar dalam kampanye tersebut.#timgaas.

Bagikan :