Press "Enter" to skip to content

Senator DPD RI Hj. Asni Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

NUNUKAN – Anggota DPD RI dari Dapil Kaltara, Asni Hafid menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Nunukan, Jumat (19/06) bertempat di Lantai II Gedung DPRD Nunukan.

Kendati kegiatan ini berlangsung di tengah pandemic Covid 19, jumlah peserta yang hadir terpaksa dibatasi dengan memperhatikan ketetapan protocol kesehatan pemerintah.

Seluruh peserta diwajibkan menggunakan masker dan menerapkan physical distancing.

Asni Hafid dalam arahannya menyampaikan, sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin MPR/DPD RI yang dilaksanakan setiap tahun untuk diterapkan sekaligus bentuk pengimplementasian nilai-nilai kebangsaan dalam lingkungan sosial masyarakat.

“ Sesuai dengan imbauan ketua DPD RI, sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, merupakan kegiatan rutin. Dan ditengah pandemic covid 19 saat ini, seluruh kegiatan wajib mengikuti standar pengamanan covid 19,” ujar senator yang duduk di Komite IV DPD RI ini.

Meski Pandemi Covid 19 belum mereda, Asni Hafid memastikan tugas dan tanggungjawabnya sebagai anggota  DPD RI tetap dilaksanakan. Kewajibannya adalah memastikan 4 pilar kebangsaan sampai kepada masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Utara.

Ihwalnya, Kabupaten Nunukan berbatasan langsung dengan sejumlah Negara Asia di bagian timur. Posisi tersebut dinilai rentan terhadap masuknya pengaruh yang dapat meruntuhkan nilai-nilai nasionalisme kebangsaan dari berbagai aspek.

Dia menegaskan, implementasi nilai nilai kebangsan tetap menjadi sesuatu yang urgen meski pandemi covid 19 masih saja  menjadi momok di Indonesia.

“ Nilai 4 pilar Kebangsaan mengajarkan kita untuk saling menghormati dan saling berbagi. Apalagi saat ini banyak saudara-saudara kita  yang tentunya membutuhkan bantuan baik materil maupun non materil. Untuk itu, sosialisasi ini dirangkai dengan pemberian bantuan sembako kepada peserta yang hadir,” kata Asni

Lanjutnya, dalam masa pandemi ini, nilai-nilai kemanusiaan yang menjadi barometer untuk kemudian saling bergandengan tangan sehingga dapat menjadi entitas dari semangat nasionalisme kebangsaan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Salah satu peserta yang berdialog dengan nara sumber empat pilar kebangsaan.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris DPRD Nunukan beserta jajaran dan sejumlah staf  dan tenaga honorer di Sekretariat DPRD Nunukan.

Sosialisasi 4 Pilar ini terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang terus menerus disosialisasikan, agar bangsa dan Negara Indonesia, memiliki integritas yang mampu menjadi filter dari segala paham yang tidak sejalan dengan semangat bangsa ini.

“ Bangsa Indonesia akan kuat dan besar bukan oleh bangsa lain, tapi bangsa Indonesia itu sendiri. Begitu pula sebaliknya bangsa Indonesia akan hancur dan lemah bukan oleh bangsa lain, melainkan bangsa Indonesia sendiri, karena itu sebagai anak bangsa kita wajib memahami dan mendalami Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia sebagai kekuatan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika secara khusus sebagai pemersatu bangsa di dalam keberagaman,” pesan Asni.***

Sumber : SKH. Radar Tarakan, Hal. A8 Sabtu 20 Juni 2020

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes