Press "Enter" to skip to content

Puslatbang KMP – LAN Makassar, Pilih Nunukan sebagai Visitasi Virtual

NUNUKAN – Peserta Diklat PIM II Puslatbang KMP – LAN Makassar, memilih Kabupaten Nunukan sebagai daerah kunjungan untuk penelitian, namun karena Pandemik Covid 19, maka kehadiran peserta tersebut harus ditunda dan akhirnya digelar secara virtual.

Kepala Puslatbang KMP-LAN Makassar DR. Andi Taufik, MSi, saat menggelar Vidcon dengan Bupati Nunukan beserta Jajarannya di LT IV Kantor Bupati Nunukan. 

“ Kegiatan dalam bentuk kunjungan ke Nunukan yang sedianya direncanakan pada akhirnya harus dibatalkan dikarenakan Pandemi Covid – 19 dan digantikan dengan visitasi secara Virtual.” kata Kepala Puslatbang KMP-LAN) Makassar DR. Andi Taufik, MSi.

Menurutnya, Kabupaten Nunukan yang ia pilih sebagai visitasi virtual, karena kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia itu, melahirkan banyak Inovasi dan masuk dalam kompetisi inovasi pasca-diklat yang diselenggarakan LAN RI untuk alumni diklatpim se Indonesia.

“ Ibu Laura ini adalah salah satu narasumber kami di LAN terkait dengan inovasi, dan Kabupaten Nunukan adalah salah satu kabupaten yang cukup banyak melahirkan Inovasi dan masuk dalam Sinopadik, sehingga kita memilih Kabupaten Nunukan karena memang ada kepantasan.” kata Andi Taufik, menyampaikan sambutannya saat mengantar 13 Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II dan undangan yang hadir dalam pertemuan itu melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (25/06).

BUpati Kabupaten Nunukan, berdialog dengan Kepala Puslatbang KMP-LAN Makassar secara virtual.

Dalam pertemuan virtual ini, Bupati Nunukan yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Serfianus, Kepala BKPSDM Kaharuddin, Asisten Administrasi Umum H. Asmar, Kepala Bappeda Litbang Juni Mardiansyah, dan OPD terkait, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Puslatbang KMP – LAN Makassar yang telah mempercayakan Kabupaten Nunukan sebagai lokus kegiatan.

“ Walaupun kunjungan ini dilakukan secara virtual semoga tidak mengurangi makna dan tujuan dari kegiatan ini untuk kita saling bersilaturahmi dan bersama – sama belajar serta mengenal lebih dekat Kabupaten Nunukan,” ujar Bupati Laura.

Lebih lanjut Bupati Nunukan melanjelasakan secara umum bahwa dengan luas wilayah 14.247,5 kilometer persegi, jumlah penduduk kabupaten Nunukan saat ini telah mencapai 209.922 jiwa.

Dengan luas wilayah tersebut, Kabupaten Nunukan, kini terbagi dalam 21 kecamatan yang penduduknya terkonsentrasi pada 3 titik, yaitu pulau Nunukan, pulau Sebatik, dan daratan Kalimantan yang disatukan dan dihubungkan oleh sungai, laut dan jalan darat maupun transportasi udara.

Dengan kondisi geografis wilayah yang terpisah, kata Laura, pemerintah daerah terus berupaya untuk menyelenggarakan pembangunan secara merata.

Suasana Virtual meeting yang di gelar di LT IV Kantor Bupati Nunukan.

“ Sebagai contoh beberapa kecamatan yang aksesnya tidak dapat terjangkau dengan transportasi darat, pemerintah daerah mensubsidinya dengan program SOA (subsidi ongkos angkut) orang dan barang guna menekan mahalnya biaya transportasi dan mahalnya harga kebutuhan bahan pokok, khususnya di wilayah krayan yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara dan kecamatan lumbis ogong yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi air”, ungkap Laura.

Di bidang Kesehatan, Laura juga menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan di pedalaman pada tahun 2019 juga dilakukan inovasi pelayanan transportasi bagi pasien rujukan dengan ambulan udara yang melayani rujukan dari puskesmas di kecamatan Krayan ke RSUD ibukota kabupaten nunukan ataupun ke Tarakan.

“ Untuk beberapa kecamatan yang aksesnya jauh dari ibukota kabupaten di pulau nunukan, pemerintah kabupaten Nunukan juga mendorong peningkatan kualitas kesehatan dengan mendirikan rumah sakit – rumah sakit pratama DI Krayan, Sebuku, dan Sebatik”, tambah Laura.

Berbagai inovasi dan terobosan tersebut, lanjutnya, dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang ada di masyarakat yang dalam perkembangannya memang masih banyak yang harus terus dibenahi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Seusai penerimaan oleh Bupati, acara dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Litbang Juni Mardiansyah dan Asisten Administrasi Umum Setda H. Asmar. #Hdr/Humas

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes