Press "Enter" to skip to content

Komite IV DPD RI Dukung Bappenas Selaraskan AKN

JAKARTA – Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendukung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional untuk menyelaraskan arah kebijakan nasional (AKN), prioritas nasional, dan prioritas program RKP 2021 dan usulan program prioritas daerah.

Hal ini diutarakan Senator Komite IV DPD RI dalam rapat kerja bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional tentang Rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021, yang digelar Rabu, 15/7 melalui virtual meeting di Jakarta.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Dr. (H.C.) Ir. H. Suharso Monoarfa, dalam rapar kerja Komite IV DPD RI dan Kementrian Bappenas RI melalui virtual meeting.

Dalam pertemuan online tersebut, Kementrian Bappenas menyebutkan Rancangan RKP  pada 2021 mengusung tema Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial.

RKP 2021 tersebut bertujuan untuk mengakomodir usulan program prioritas daerah atas saran dan masukan masyarakat yang dihimpun oleh anggota DPD RI. Himpunan aspirasi tersebut juga akan di sampaikan DPD RI sebagai bentuk rekomendasi RKP 2021 ke Pemerintah.

Selain itu, Senator Komite IV juga mendorong Pemerintah untuk mereformasi sistem perlindungan sosial melalui pemutakhiran data penerima  bantuan sosial dan sentralisasi penyaluran dana bantuan sosial untuk mempermudah pengawasan program ini.

Demikian juga reformasi di bidang kesehatan, Komite IV DPD RI mendukung pemerintah menuntaskan hal tersebut yang difikuskan pada penguatan gerakan masyarakat hidup sehat dengan penyediaan air bersih, sanitasi yang mendukung kawasan sehat termasuk  Infrasturktur kesehatan, SDM, dan lebaga Pendidikan di Bidang Kesehatan.

Rapat yang berlangsung selama tiga jam itu, berakhir dalam sebuah kesepakatan, yakni Komite IV DPD RI dan Bappenas bersinergi mengawal usulan program prioritas daerah yang nantinya dapat terakomodir dalam RKP 2021.#Why.

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes