Press "Enter" to skip to content

KPUD Nunukan Pastikan Pasangan Amanah Nomor Urut Satu

NUNUKAN – Ketua Komisi Pemilihan umum Daerah (KPUD) Nunukan, Rahman S.IP memastikan pasangan yang telah memenuhi persyaratan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Nunukan langsung mendapatkan nomor urut Satu pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun ini.

Rahman mengatakan, tidak ada lagi pencabutan ataupun pengundian nomor urut calon sehingga rencananya besok malam, Kamis 24  September 2020, pukul 19.30,  KPUD Nunukan langsung menetapkan dan mengumumkan nomor urut calon melalui rapat pleno terbuka.

“ Jadi ini tidak diundi lagi, tapi langsung ditetapkan, sesuai mekanisme peraturan KPU nomor 788 tahun 2020 pasangan calon yang dinyatakan memenuhi syarat langsung diberikan nomor urut 1,” kata Rahman, usai Rapat Pleno tertutup, Rabu (23/09) di Kantor KPUD Nunukan.

Bagi Pasangan Calon dan yang belum memenuhi syarat karna sesuatu hal, sesuai dengan Peraturan KPU nomor 789 tanggal 18 September 2020, ayat (2) point (a), diberikan waktu 14 hari sejak penetapan pasangan calon melakukan penanganan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang mengatur terkait pencegahan dan pengendalian Covid 19.

Dalam hal pasangan calon belum dinyatakan sembuh dari Covid 19 sampai batas waktu yang telah ditentukan maka dapat melakukan penggantian bakal calon atau bakal pasangan calon.

Dalam hal penggantian bakal calon atau bakal pasangan calon, partai politik atau gabungan partai tidak dapat menarik dukungannya sejak pendaftaran, namun diharapkan mengajukan usulan penggantian bakal calon yaitu mengubah surat dan kesepakatan bakal pasangan calon dengan ketentuan partai olitik atau gabungan partai poltik dengan cara mencoret nama bakal calon yang diganti dan menulisakn nama calon pengganti.

“ Pengganti pasangan calon yang diusulkan partai poltik harus mendapat persetujuan pimpinan partai poltik atau gabungan partasi politik tingkat pusat dan dituangkan dalam surat keputusan,” jelas Ketua KPUD Nunukan.

Seelah digelar tahapan penepatan calon dan nomor urut pasangan calon, selanjutnya KPUD Nunukan akan melakukan pembagian zona kampanye pada tanggal 25 September dan tahapan kampanye akan dimulai pada 26 hingga 5 desember 2020.#Mal/Adv

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes