Press "Enter" to skip to content

Tekan Covid 19, Satpol PP Tunggu Penetapan Perda

NUNUKAN – Penanggulangan Penyebaran dan Pencegahan Covid 19 di Kabupaten Nunukan terus dilakukan meski Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penanganan Pandemik belum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamon Praja (Satpol PP) beserta TNI Polri turun kejalan menertibkan dan mensosialisasikan penerapan 3 M di Kabupaten Nunukan.

“ Ini tanggungjawab kita bersama bukan hanya penegak hukum tetapi masyarakat juga ikut serta membantu pemerintah mencegah penyebaran pandemik covid 19,” kata Abdul Kadir, Kepala Satpol PP Nunukan, Selasa (17/11).

Peraturan Daerah (Perda) menurutnya perlu segera ditetapkan, hal ini nantinya menjadi landasan kuat aparat menindak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan termasuk didalamnya pemberian sanksi baik sanksi denda hingga sanksi pidana.

“ Kami akui agak kesulitan kalau tidak ada payung hukum daerah, jika ada yang melanggar penindakannya hanya sebatas menghafal UUD 1945, Pancasila, serta tindakan fisik seperti Push Up dan membersihkan lingkungan sekitar, tapi itu pun belum mampu mendisiplikan masyarakat,” imbuhnya.

Rencananya jika Perda sudah ditetapkan, Satpol PP termasuk TNI Polri akan mengundang seluruh pengusaha cafe atau warung makan mensosialisasikan perda yang dimaksud sehingga nantinya disiplin protokol kesehatan dapat dipahami dan dijalankan bersama untuk menekan penyebaran pandemik covid 19.

“ Kalau Perdanya sudah keluar, bagi yang tidak menggunakan masker dendanya Rp 250 ribu, sementara pengusaha cafe dan warung makan jika ditemukan tidak menerapkan protokol kesehatan dendanya Rp 1 Juta, ini kita sosialisasikan dulu selama seminggu, setelah itu jika masih ada yang abai terhadap Perda tersebut maka dilakukan penindakan,” tegasnya.

Ia berharap kepada masyarakat Nunukan tetap menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan bersama, masyarakat adalah garda terdepan melawan pandemik covid 19 dengan melakukan pencegahan dengan cara mematuhi anjuran pemerintah yakni Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir (3M).

“ Pesan saya ke masyarakat tolonglah menyadari dan menjaga diri untuk keselaman bersama, Corona ini tidak terlihat, selama ini kita sudah zona hijau tapi muncul lagi 4 kembali lagi ke zona kuning, ayolah kita lawan pandemik covid 19 ini,” tutupnya.(fik)

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes