Press "Enter" to skip to content

Bersama GOW, Asni Hafid Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan.

NUNUKAN –  Pemahaman 4 pilar kebangsaan kembali disosialisasikan di Kabupaten Nunukan. Kali ini senator DPD / MPR RI, Asni Hafid, mengundang Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Rabu (10/3) di Emerald Ball Room Laura Hotel Nunukan.

Asni Hafid
Senator DPD / MPR RI, Asni Hafid menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi II 4 pilar kebangsaan.

Menurutnya, kegiatan ini sekaligus memperingati internasional women Day’s atau hari perempuan Internasional yang di rayakan tanggal 8 Maret setiap tahunnya.

Asni mengatakan Perempuan Indonesia tumbuh menjadi sebuah gerakan yang harus tampil diberbagai bidang baik dilingkungan Sosial, Ekonomi, Budaya dan Politik di Indonesia.

Asni Hafid
Peserta Sosialisasi II 4 Pilar Kebangsaan dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Nunukan.

” Perempuan harus berperan di segala sektor pembangunan, karna itu perlu membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan memahami 4 pilar kebangsaaan Indonesia,” kata Asni.

Dalam sambutannya anggota komite IV DPD RI ini menjelaskan 4 pilar kebangsaan memberikan pembelajaran lebih dalam mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Karena itu, ia menekankan peran perempuan wajib mengimplementasikan pilar kebangsaan tersebut untuk meningkatkan kesadaran tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara sekaligus dapat memperkokoh tiang dalam keluarga.

” Sebagai seorang ibu dalam keluarga, kita membawa pesan dan memberi contoh yang baik bagi anak anak dan keluarga dalam kehidupan sehari hari agar generasi selanjutnya kelak menjadi pemimpin untuk bangsa ini, dibalik genarasi hebat, lahir dari seorang ibu yang hebat,” lanjutnya.

Dalam perwujudan empat pilar kebangsaan diperlukan kerjasama dan saling memotivasi satu dengan yang lainnya agar kemampuan kaum perempuan lebih maksimal dan mendapatkan posisi terdepan bagi bangsa dan negara republik indonesia.

” Bangsa Indonesia akan kuat dan besar bukan oleh bangsa lain tetapi oleh bangsa Indonesia itu sendiri, begitu juga sebaliknya bangsa Indonesia akan hancur dan lemah bukan oleh bangsa lain tetapi oleh bangsa Indonesia sendiri, karena itu sebagai anak bangsa kita wajib memahami Pancasila, UUD 1945, sebagai kekuatan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah wujud keberagaman sebagai pemersatu bangsa,” kata Asni Hafid membuka acara Sosialisasi II Empat Pilar Kebangsaan.

Sosialisasi II empat Pilar Kebangsaan
Ketua GOW Nunukan, Rustiningsih,Spd.M.Eng menyampaikan sambutan sosialisasi II empat pilar kebangsaan.

Dikesempatan yang sama, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Nunukan, Rustiningsih,Spd.M.Eng mengatakan, perempuan adalah tiang keluarga dan keluarga adalah bagian terkecil dari negara, karena itu posisi perempuan harus mampu menopang suatu negara.

” Dimasa Pandemi dan resesesi ekonomi menjadi tantangan setiap perempuan dimana situasi ini pendampingan anak saat belajar daring mungkin sulit dilakukan disatu sisi adalah kewajiban demi mencerdaskan anak dan proses belajar mengajar tetap jalan,” kata Ketua GOW Nunukan

Asni Hafid
Penyerahan Cendramata dari AnggotabDPD / MPR RI, Asni Hafid ke Ketua GOW Nunukan.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa, Ketua GOW Nunukan, Persatuan Istri TNI, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasinatri, Bhayangkari, PW. Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG), Dharma Wanita Nunukan,  serta Narasumber empat Pilar Kebangsaan Hj Fajar Arsidana, S.Pd MM.

Sebagai narasumber 4 pilar kebangsaan, Hj Fajar Arsidana menyampaikan empat pilar tersebut antara lain, Pancasila yang merupakan ideologi Negara Republik Indonesia, menurutnya bangsa Indonesia perlu memahami hal ini karena pancasila merupakan sumber daripada segala sumber Hukum, dan tidak bisa diubah.

” Kita perlu memahami pancasila karena selain sebagai identitas bangsa, Pancasila merupakan pedoman dasar kehidupan bangsa dan negara seperti ketika kita mengumandangkan Lagu sangsaka merah putih dan menghormati bendera serta lambang negara Republik Indonesia Garuda Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.

Asni Hafid
Senator DPD / MPR RI memberikan bantuan operasional organisasi ke GOW Nunukan secara simbolis.

Bagi bangsa Indonesia identitas nasional merupakan hal yang paling penting karena memiliki dasar yang kokoh didalam Pancasila dan UUD 1945. Karena itu setiap warga negara perlu menunjukkan keberadaan dan menjaga eksistensi bangsa indonesia.
Dalam kegiatan ini, Asni Hafid Juga menyerahkan cendramata dari DPD RI serta memberikan bantuan operasional organisasi sebesar Rp 5.000.000 kepada Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan sejumlah peserta yang hadir dalam acara tersebut secara simbolis.

Asni Hafid
Salah satu peserta dari GOW Nunukan melayangkan pertanyaan ke Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi II Empat Pilar Kebangsaan.

Peserta cukup antusias mengikuti kegiatan ini, hingga satu persatu berinteraksi dengan narasumber dengan melayangkan beberapa pertanyaan. Dialog pun berlangsung karena setiap peserta di bekali dengan seminar kit yang di dalamnya berisi buku bahan materi empat pilar kebangsaan.(fik)

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes