Press "Enter" to skip to content

Aspirasi Warga Binusan Dalam Direspon PDAM Nunukan.

NUNUKAN – Aspirasi warga Binusan Dalam Kelurahan Nunukan Barat terkait hibah lahan pembangunan embung direspon PDAM. Masyarakat setempat didampingi H. Andi Mutammir SE, MM serta Direktur PDAM, Masdi SE meninjau titik koordinat rencana pembangunan penampungan air bersih itu.

Warga RT 06 dan RT.10 didesa tersebut terliat bersemangat karena usulan yang disampaikan saat anggota DPRD Nunukan menggelar reses ternyata mendapatkan respon positif dari pemerintah daerah.

PDAM Nunukan
PDAM Nunukan Tinjau Lahan Warga Desa Bunusan Dalam yang dihibahkan untuk pembangunan Embung.

Sulitnya memenuhi kebutuhan air bersih didesa itu menjadi persoalan, pasalnya area perkebunan dan pertanian alami kekeringan apabila distribusi air bersih tidak maksimal, sehingga masyarakat berinisiatif menghibahkan lahan yang terletak di kedua RT tersebut.

Direktur PDAM Nunukan, Masdi SE mengatakan, ketersedian air bersih di desa Binusan Dalam pada musiam kemarau tidak mencukupi kebutuhan warga,  sehingga perlu pembangunan embung untuk menampung air di musim penghujan agar dimanfaatkan pada musim kemarau.

Namun pihaknya akan berkoordinasi ke pemerintah provinsi untuk menguji kelayakan lahan tersebut untuk memastikan pemanfaatan menampung dan mendistribusikan air ke lahan pertanian dan kebutuhan sehari hari warga setempat.

PDAM Nunukan
Anggota DPRD Nunukan, H. Andi Mutamir SE MM, dan Direktur PDAM Nunukan serta Warga Desa Binusan Dalam Tinjau Lahan Hibah Pembangunan Embung di RT 06 dan RT 10.

“ Diperlukan analisa teknis dan analisa ekonomi untuk memastikan embung yang akan dibangun memang layak, karena kita harus melihat struktur bangunan terhadap daya dukung dan analisa erosi lahan untuk mengetahui laju sedimentasi yang akan masuk ke embung,” kata Masdi, Rabu (28/4).

Dikesempatan yang sama, Anggota DPRD Nunukan, H. Andi Mutammir, SE MM juga menyampaikan bahwa dengan adanya embung didesa tersebut tentu dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat, Karena ketersediaan air bersih merupakan salah satu program pemerintah daerah yang penanganannya di serahkan ke PDAM, sehingga program ini bisa menjadi prioritas tahun depan.

“ Meski masih perlu uji kelayakan, kita berharap agar tahun depan program ini bisa terealisasi, karena apa yang diharapkan masyarakat didesa binusan dalam ini tidak lain adalah suplay air bersih untuk lahan peritanian dan perkebunan mereka, ini tentu sangat berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian warga setempat,” kata H. Mutammir.

PDAM Nunukan
PDAM Nunukan Survay Lokasi Lahan Hibah Pembangunan Embung di Desa Binusan Dalam.

Pembangunan Embung merupakan salah satu cara yang bisa digunakan petani untuk menjaga ketersediaan air khusunya menghadapi musim kemarau. Adanya penampungan, air tidak hanya terjamin namun juga membuat hasil panen meningkat.

“ Dengan embung, petani dapat mengairi sawahnya, baik musim kemarau maupun musim hujan , karena air terus tersedia maka produksi dan produktifitas pertanian juga meningkat,” tutup Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan ini.#Mal

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes