Press "Enter" to skip to content

Dua Napi Kabur Dari Lapas Nunukan Dijemput Di Tanah Tidung.

Last updated on October 18, 2021

NUNUKAN, marajanews.id –  Dua Narapidana Lapas Kelas IIB Nunukan di jemput di Polsek Sesayap Kabupaten Tanah Tidung Kalimantan Utara pada Sabtu (17/10).

Penjemputan tersebut dilakukan Kalapas Nunukan, Taufiq Hidayat dan jajaran Kamtib dan KPLP Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Nunukan.

Kalapas Nunukan Taufiq Hidayat
Kalapas Nunukan, Taufiq Hidayat menandatangani BAP Serah Terima Dua Tahanan di Polsek Sesayap Kabupaten Tanah Tidung Kaltara.

Kedua tahanan tersebut atas nama Tuo bin Unding dan Indra Adi Saputra bin Sutomo, mereka melarikan dari lapas Nunukan pada 13 Februari 2021.

Membenarkan hal ini Kalapas Nunukan, Taufiq Hidayat mengatakan dua orang tersebut seharusnya masih menjalani hukuman penjara, namun memberanikan diri Kabur dari Sel Tahanan.

” Personil Polres Sesayap menerima informasi dari warga sekitar melihat dua orang yang dicurigai tahanan Nunukan, kemudian Polsek melakukan pemantauan dan mengcroscek laporan warga, napi tersebut sedang berada dirumah orang tuanya,” terang Kalapas Nunukan.

Dua Tahanan Kabur Dari Lapas Nunukan
Penjemputan Dua Tahanan di Polsek Sesayap Tanah Tidung oleh Kalapas Nunukan beserta jajaran Kamtib dan KPLP Lapas Nunukan.

Selama empat hari melakukan pemantauan, Polsek Sesayap meringkus dua napi itu, kemudian menghubungi pihak Lapas Nunukan, dengan mengirimkan identitas dan foto dua napi yang dimaksud.

” Benar, Tuo bin Unding dan Indra Adi Saputra bin Sutomo adalah Tahanan Lapas Nunukan yang masuk dalam daftar pencarian orang,” jawab Taufiq saat di konfirmasi Polsek Sesayap Tanah Tidung.

Akhirnya Kalapas Nunukan Memerintahkan Jajaran KPLP dan Kamtib mengkoordinasikan hal ini lebih lanjut dengan mengirimkan surat Permohonan bantuan penangkapan ke Kapolsek sesayap.

Alhasil Polsek Sesayap melakukan pemantauan kembali pada hari jumat malam di tempat yang berbeda dan langsung membekuk tuo pada 22.00 wita di kediamannya dan pukul 03:00 dini hari menangkap Indra.

” Keduanya dalam keadaan sehat berhasil ditangkap dan diamankan di Polsek Sesayap.” Ungkap Taufiq.

Taufiq Hidayat beserta jajaran amtin dan KPLP Nunukan bergegas ke Tarakan menuju Polsek Sesayap melakukan penjemputan sekaligus serah terima dari Kapolsek Sesayap, IPDA. Yudi Setiadi terhadap dua narapidana dengan pengawalan ketat.

” Serah Terima 2 orang Narapidana  berjalan dengan aman dan lancar. Dua orang narapidana tersebut dalam keadaan sehat dan selanjutnya akan dibawa menuju ke ke Lapas Tarakan guna Pemeriksaan lebih lanjut.” Jelasnya.

Personil Lapas Nunukan Tiba di Lapas Tarakan. mereka lalu berkoordinasi  Meminta Petunjuk Pimpinan di Kantor Wilayah, bahwa 2 Orang Narapidana tersebut akan di BAP atau dilakukan Pemeriksaan di Lapas Tarakan dan akan menjalani sisa Pidananya di Lapas Tarakan.

Jajaran Kamtib dan KPLP Lapas Nunukan
Kalapas Nunukan, Jajaran Kamtib dan KPLP Lapas Nunukan, mengamankan dua narapidana menggunakan speedboat menuju pelabuhan Tarakan.

” Saya atas nama Lapas Nunukan Kalapas mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Sesayap beserta jajaran atas kerja sama dan bantuan yang telah diberikan dalam proses penangkapan terhadap 2 Narapidna Tersebut.” Tambahnya.

Kalapas Nunukan berharap dengan kegiatan ini Lapas Nunukan selalu dalam keadaan kondusif dan Aman, terhindar dari Gangguan Kamtib dan untuk BAP di laksanakan di Lapas Tarakan kemudian Melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada pimpinan.***

Sumber : Humas Lapas Kelas IIB Nunukan – Rudi Rusdianto.

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes