Press "Enter" to skip to content

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Perkuat NKRI Di Perbatasan.

NUNUKAN, marajanews.id – Sosialisasi 4 Pilar MPR RI atau lebih dikenal dengan empat pilar nilai kebangsaan Indonesia kembali digelar di Kalimantan Utara.

Kali ini dilaksanakan di Kuliner Pesisir, dihadiri Ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa dan Warga Kelurahan Nunukan Barat Kabupaten Nunukan, Kamis (18/5/23).

Senator MPR / DPD RI dapil Kalimantan Utara, Asni Hafid mengatakan kegiatan ini terus dilaksanakan mengingat begitu pentingnya menanamkan nilai nilai kebangsaan bagi masyarakat.

” Selain perintah undang undang, kegiatan ini wajib kita laksanakan untuk menanamkan dan mewujudkan sikap Nasionalisme kepada masyarakat,” kata Asni Hafid.

Ia menjelaskan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat.

Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia adalah empat landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Landasan tersebut terdiri dari ideologi, konstitusi, persatuan dan kesatuan, dan semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia.

” Pilar kebangsaan merupakan tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana,” jelas Asni Hafid.

Wilayah Kabupaten Nunukan merupakan zona perbatasan antara Indonesia dan tiga negara di Asia sehingga perlu terus menanamkan nilai nilai kebangsaan kepada masyarakatnya.

Sosialisasi 4 Pilar MPR/DPD RI di Kelurahan Nunukan Barat, Kab. Nunukan. Kaltara.

Lebih lanjut disampaikan Asni, kegiatan ini merupakan agenda rutin anggota DPD RI, yang setiap bulan dilaksanakan.

Hal ini merupakan komitmen seluruh senator MPR / DPD RI untuk mencerdaskan lehidupan bangsa dalam hidup bermasyarakat dan bernegara.

” Sebagai anggota MPR / DPD RI, kita tentunya ikut serta memperkuat pemahaman nilai nilai kebangsaan warga negara, khususnya masyarakat Nunukan melalui kegiatan sosialisasi ini.” kata Asni Hafid.

Menurutnya, menanamkan nilai nilai kebangsaan bagi masyarakat merupakan kewajiban bagi seluruh steakholder termasuk pemerintah pusat, Provinsi dan Daerah.

Hal tersebut diharapakan agar ada kesinambungan dan keberlanjutan akan pemahaman nilai yang terkandung dalam pilar kebangsaan tersebut.

Senator MPR /DPD RI, Asni Hafid bersama warga Kelurahan Nunukan Barat, Kab. Nunukan, Kaltara.

Dalam sosialisasi tersebut, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karna dihadiri dari beragam profesi ada UMKM, Mahasiswa, Pelajar dan Ibu Rumah Tangga.

Peserta berdiskusi dengan anggota Komite IV MPR / DPD RI, membuat suasana sosialisasi hidup dan bersemangat.

Setelah sosialisasi k3giatan ini juga dirangkai dengan acara Halal Bihalal untuk lebih merekatkan hubungan antara anggota MPR / DPD RI dengan Peserta.

” Harapan kita adalah tidak ada jarak dengan masyarakat, sebab kita semua warga negara Indonesia yang sama sama tinggal di ujung perbatasan negeri,” lanjutnya.

Diawal acara panita membagikan paket buku sosialisasi Empat Pilar MPR RI, sebagai bahan referensi atau bacaan peserta, agar nantinya turut serta mensosialisakan nilai nilai kebangsaan di lingkungan tempat tinggal mereka masing masing.

Selain itu panitia juga membagikan voucher kepada peserta sebagai stimulan untuk menyemarakkan kegiatan tersebut.#Adv.

Bagikan :