Press "Enter" to skip to content

Akhir Periode Asni Hafid Ajak Pelaku UMKM Tanamkan Nilai Nilai Empat Pilar MPR RI Di Kaltara.

NUNUKAN, marajanews.id – Senator DPD / MPR RI Asni Hafid Kembali menanamkan nilai nilai Empat Pilar MPR RI, Sabtu (4/5/24) pukul 4 sore, di Pasar Inhutani Kelurahan Nunukan Utara Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Nilai Empat Pilar MPR RI yang dimaksud adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal ini Kata Asni Hafid merupakan agenda negara yang disosialisasikan oleh anggota DPD/MPR RI di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Nunukan yang terletak di wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia.

“ Bukan hanya kami anggota DPD yang mensosialisasikan tapi tugas kita semua dalam rangka memperkuat integritas kita sebagai bangsa, apalagi kita di wilayah perbatasan tentunya ini merupakan agenda penting yang wajib di tanamkan ke masyarakat, termasuk pelaku UMKM,” kata Asni Hafid menyampaikan sepatah kata dalam kegiatan tersebut.

Anggota Komite I DPD / MPR RI, Asni Hafid menyampaikan sambutan dalam Acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Nunukan.
Anggota Komite I DPD / MPR RI, Asni Hafid menyampaikan sambutan dalam Acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Nunukan.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan perintah peraturan perundang undangan terkait tugas dan fungsi anggota DPD / MPR RI, sebagaimana yang tertuang dalam Undang undang No 27 Tahun 2009 bahwa setiap anggota MPR/DPD, DPR, DPRD wajib memasyarakatkan empat pilar kebangsaan.

“ Saya kira ini adalah Amanah untuk kita sampaikan agar masyarakat kita dapat menumbuhkan kebersamaan di wilayah perbatasan, jangan kita tercerai berai di tahun politik ini, kita tetap Bersatu meskipun berbeda pilihan,” tegas Asni Hafid.

Pendalaman Empat Pilar MPR RI it terus disampaikan dalam kegiatan tersebut, warga pasar Inhutani dan pelaku UMKM pun antusias mengikuti sosialisasi dan panitia membagikan paket buku yang nantinya dijadikan referensi ikut serta mensosialisasikan empat pilar MPR RI tersebut, serta dana transportasi.

Menurut senator dapil Kalimantan Utara ini, Pentingnya menanamkan nilai empat pilar kebangsaan kepada masyarakat karena empat elemenya menjadi fundamental bagi stabilitas dan persatuan Indonesia.

“ Pelaku UMKM merupakan agen perubahan yang dinilai mampu menjadi magnet saat berdampingan dengan masyarakat,” kata Asni.

Disampaikannya, makna empat pilar kebangsaan dapat meningkatkan peran UMKM dalam masyarakat, karena merupakan peran strategis dalam mensukseskan program pemerintah.

Panitia Membagikan Paket Buku Empat Pilar MPRI RI sebagai bahan referensi ikut serta mensosialisasikan NIlai nilai kebangsaan tersebut.
Panitia Membagikan Paket Buku Empat Pilar MPRI RI sebagai bahan referensi ikut serta mensosialisasikan NIlai nilai kebangsaan tersebut.

“ Pemahaman ini perlu kita optimalkan dengan menanamkan pendalaman materi empat pilar kebangsaan kepada pelaku UMKM, untuk merespon situasi kekinian dan selaras dengan tuntutan serta ketentuan peraturan yang berlaku,” tambahnya.

Menutunya, Pancasila menanamkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial.  UUD 1945 menanamkan, supremasi hukum, demokrasi, hak asasi manusia, dan negara hukum.

Sedangkan NKRI menanamkan nilai nilai Nasionalisme, patriotisme, dan persatuan nasional dan  Bhinneka Tunggal Ika, Toleransi, saling menghormati, dan menghargai perbedaan.

Manfaatnya adalah Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan nasional. Meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Pelajaran berharga lainnya adalah Mempromosikan toleransi dan saling menghormati antar sesama. Memperkuat demokrasi dan supremasi hukum serta Membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.

“ Alangkah Indahnya kita berbangsa dan bernegara Ketika empat empat pilar kebangsaan ini terus kita sampaikan ke measyarakat, kita berharap agar masyarakat juga mensosialisasikan di lingkungan keluarga dan sosialnya sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham apapun yang masuk ke negara kita, itu harapan kita semua,” tutup Asni Hafid.

Selain Sosialisasi Empat Pilar MPR RI,  kegiatan ini pula dirangkai dengan Halal Bihalal yang menghadirkan ustad Muhammad Afriadi, ketua ketua RT dan Tokoh Masyarakat di Kelurahan Nunukan Utara. #Adv

Bagikan :