Press "Enter" to skip to content

Tingkatkan Kapasitas Deteksi Dini, Kesbangpol Kaltara Bimtek Tim Kewaspadaan Dini Daerah.

TANJUNG SELOR, marajanews.id – Dalam rangka meningkatkan kapasitas deteksi dini, Kesbangpol Kaltara menggelar Bimbingan teknis tim kewaspadaan dini di daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan, Selasa (6/2/24) dihadiri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten/Kota di convension centre hotel Grand Pangeran Khar Tanjung Selor Kaltara.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan aparatur pemerintah daerah dan FKDM dalam melaksanakan kewaspadaan dini terhadap potensi Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Kesbangpol Kaltara H. Iskandar, S.IP., M.Si, mengatakan, peserta dalam kegiatan bimtek ini harus memahami Konsep dan strategi kewaspadaan dini, Pemetaan ATHG di daerah, Teknik pengumpulan dan analisis data, Penyusunan laporan dan rekomendasi Tindak lanjut hasil identifikasi dini.

” Kita berharap agar peserta bimtek serius mengikuti kegiatan ini sehingga pemerintah daerah dan FKDM bekerja lebih profesional mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Iskandar.

Selain itu, Ia juga mengharapkan Bimtek tersebut menghasilkan ragam manfaat terutama meningkatnya pemahaman dan kemampuan aparatur pemerintah dalam melaksanakan Kewaspadaan dini di daerah.

Kemudian peserta mampu menyusun peta ATHG di daerah, menciptakan sistem pelaporan dan analisis data yang efektif, serta menyusun rekomendasi untuk pencegahan dan penanggulangan ATHG.

Bimtek Kewaspadaan Dini Daerah merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dengan meningkatkan pemahaman dan kemampuan aparatur pemerintah daerah dalam melaksanakan kewaspadaan dini, diharapkan potensi ATHG dapat dideteksi dan diantisipasi sejak dini, sehingga tidak berkembang menjadi gangguan yang lebih besar.#m01

Bagikan :