Press "Enter" to skip to content

KPU Sosialisasi Dan Edukasi Pemilih Pasca Pemilu 2024.

NUNUKAN, marajanews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus meningkatkan partisipasi masyarakat pasca pemilihan umum pada 14 februari 2024 lalu.

Peningkatan partisipasi tersebut berlangsung dalam kegiatan sosialisasi dan Pendidikan pemilih pasca pemungutan suara kepada kelompok pemilih strategis dan rentan di daerah 3T segmentasi pemilih Perempuan di Halroom Laura Hotel Nunukan, Jumat (14/6/24).

KPU Sosialisasi Dan Edukasi Pemilih Pasca Pemilu 2024.
sosialisasi dan Pendidikan pemilih pasca pemungutan suara kepada kelompok pemilih strategis dan rentan di daerah 3T segmentasi pemilih Perempuan.

Fungsional Muda Humas dan Pustaka Sekretariat Jenderal KPU RI, Asep Hanan,  mengatakan, Penyelenggaraan pemilu yang sukses tidak hanya ditentukan oleh partisipasi aktif saat pemungutan suara.

Namun menurutnya, pemahaman dan keterlibatan masyarakat dalam proses pasca pemungutan suara, juga harus di utamakan.

Kegiatan ini kata Asep Hanan, sasarnnya adalah di Kabupaten Nunukan yang merupakan kelompok pemilih strategis dan rentan, seperti perempuan, penyandang disabilitas, masyarakat adat, dan pemilih muda.

Menurutnya, hal ini memerlukan perhatian khusus agar hak pilih mereka terjamin dan kualitas pemilu semakin baik.

“ Sosialisasi dan pendidikan pasca pemungutan suara menjadi krusial untuk memastikan bahwa suara mereka dihargai dan proses demokrasi berjalan transparan dan akuntabel.” Kata Asep.

Karena itu, tambahnya, kegiatan ini terus berkelanjutan dan merupakan salah satu terobosan KPU dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Nunukan.

Sebanyak 100 peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut terdiri dari kelompok Perempuan dan perwakilan partai politik mengikuti diskusi publik terkait Pendidikan politik. Tujuannya adalah untuk memastikan pemilih memahami pentingnya partisipasi politik dan mendukung berjalannya demokrasi yang sehat.

KPU Sosialisasi Dan Edukasi Pemilih Pasca Pemilu 2024.
sosialisasi dan Pendidikan pemilih pasca pemungutan suara kepada kelompok pemilih strategis dan rentan di daerah 3T segmentasi pemilih Perempuan di Halroom Laura Hotel Nunukan, Jumat (14/6/24).

Asep juga menyampaikan, selain bertujuan peningkatan literasi politik, kegiatan ini juga memberikan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat untuk tetap aktif pada tahapan pasca Pemilu serta partispasi pemilih secara berkelanjutan menyambut pilkada 2024.

Karena itu, kata Asep,  melalui kegiatan Sosialisasi dan pendidikan pemilih pasca Pemilu 2024 harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi, serta memastikan bahwa pemilu berikutnya dapat berlangsung dengan lebih baik dan partisipatif.#m01/Adv.

Bagikan :