Press "Enter" to skip to content

Diklat Jurnalis Desa, Upaya Lakpesdam dan PWI Nunukan Perkuat Informasi Desa.

NUNUKAN, marajanews.id – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) kolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nunukan menggelar Diklat Jurnalis Desa, Sabtu (7/9/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas jurnalis di tingkat desa dengan meningkatkan keterampilan dalam penulisan berita dan pelaporan informasi.

Diklat yang digelar di Balai Desa Sei Manurung Kecamatan Sebatik ini diikuti oleh sejumlah peserta dari Pelajar dan warga setempat.

Diklat Jurnalis Desa, Upaya Lakpesdam dan PWI Nunukan Perkuat Informasi Desa
Diklat Jurnalis Desa, Upaya Lakpesdam dan PWI Nunukan Perkuat Informasi Desa

Kegiatan ini diisi dengan beragam materi, meliputi dasar-dasar jurnalistik dan penyebarluasan informasi melalui media sosial, yang disampaikan oleh narasumber yang berkompeten dari PWI Nunukan.

Ketua Lakpesdam Nunukan, Mustofa, S.Pd, mengatakan, bahwa Pelatihan ini merupakan langkah strategis untuk memberdayakan warga desa sebagai jurnalis lokal.

“ Dengan keterampilan jurnalistik yang memadai, warga desa akan mampu menyampaikan berita yang akurat dan objektif tentang kegiatan dan isu Pembangunan di desa.” Kata Mustofa.

Sementara itu, Sekretaris PWI Nunukan, Taufik, S.KSi, M.I.Kom, menjelaskan materi pelatihan meliputi teknik penulisan berita, dan penyebarluasan informasi media sosial.

“Kami berharap peserta dapat memanfaatkan ilmu yang didapat untuk memproduksi berita berkualitas, yang pada gilirannya akan membantu masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan terpercaya,” ujar Taufik.

Diklat Jurnalis Desa, Upaya Lakpesdam dan PWI Nunukan Perkuat Informasi Desa
Diklat Jurnalis Desa, Upaya Lakpesdam dan PWI Nunukan Perkuat Informasi Desa

Diklat ini juga mencakup sesi praktik, di mana peserta berkesempatan untuk menulis berita dan melakukan simulasi updload link berita ke media sosial. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dalam penerapan teori jurnalistik.

Peserta diklat, Arfiani, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat. Ia mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang cara menulis berita dan menyampaikan informasi ke media sosial.

“ Ini akan sangat membantu saya dalam melaporkan kegiatan desa dengan cara yang lebih profesional,” ungkapnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi program rutin yang diadakan di masa depan untuk terus meningkatkan kualitas jurnalis desa di Kabupaten Nunukan.

Lakpesdam dan PWI Nunukan berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kapasitas jurnalis di tingkat desa agar informasi yang disampaikan lebih akurat dan bermanfaat bagi masyarakat.#m01.

Bagikan :