Press "Enter" to skip to content

Suksesi Pilkada, DKISP Inisiasi Press Gathering

NUNUKAN, marajanews.id -Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Nunukan menggelar Press Gathering, Rabu (23/10/2024). Inisiasi kegiatan guna mendorong peran pers dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Kepala DKISP Nunukan, Kaharuddin A Tokkong mengatakan, Press Gathering mempertemukan lintas lembaga yakni Bawaslu, KPU dan PWI Nunukan dalam satu forum bersama.

“Forum ini fokus pada peran media dalam menyukseskan Pilkada 2024 di Kabupaten Nunukan. Selain itu, DKISP menjalankan fungsi layanan media dengan menyiapkan wadah bersama membangun komunikasi,” ungkap Kaharuddin.

Dia kemudian mengharapkan, seluruh pelaku media di Kabupaten Nunukan, dapat menjalankan peran secara profesional dalam menyampaikan informasi seputar Pilkada secara objektif

Kaharuddin turut menyinggung pertumbuhan pers di Kabupaten Nunukan. Menurutnya, dalam era digital saat ini, sarana informasi berkembang dengan cepat melalui berbagai platform.

“Penggunaan sosial media di masa-masa menjelang Pilkada tidak kalah ramai digunakan. Disinilah peran media diharapkan berfungsi menyajikan informasi akurat untuk mencegah berita-berita hoax,” tegas Kaharuddin.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Nunukan Hasan Basri Mursali menyampaikan berbagai tugas dan fungsi yang diemban instansinya. Salah satu diantaranya, penyampaian titik-titik pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Realisasi anggaran penyelenggara Pilkada 2024 yang difasilitasi pemerintah juga telah terselesaikan,” ucap Hasan Basri seraya merincikan besaran anggaran untuk masing-masing lembaga penyelenggara maupun pengamanan.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Nunukan Adharsyah menegaskan, peran pers dalam suksesi Pilkada 2024 merupakan tugas mutlak. Insan pers tunduk pada UU Nomor 40/1999 tentang pers.

“Tugas insan pers jelas sebagai corong informasi bagi masyarakat. Tentu tanggungjawab kami adalah menciptakan situasi yang sejuk dengan menyajikan informasi-informasi aktual, berimbang terkait Pilkada 2024,” tukas Adharsyah.

Press Gathering ini turut dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Nunukan, Moch Yusran. Hadir pula Komisioner KPU Nunukan, Rusli.#pwinnk

Bagikan :