Press "Enter" to skip to content

Ini Apresiasi Komite IV DPD RI terhadap Rencana Kerja Bappenas 2020

JAKARTA – Sedikitnya lima agenda rencana kerja pemerintah yang dipresentasikan PPN/Bappenas dihadapan Senator Komite IV DPD RI. Program kerja itu, meliputi, ketahanan ekonomi, SDM berkualitas, Revolusi mental, Infrastruktur, dan stabilitas polhukhankam serta transformasi pelayanan publik.

Rapat Kerja Komite IV DPD RI dengan Kementrian PPN/Bapenas RI, Rabu (19/02/20) di Ruang Rapat GBHN Komplek Nusantara V Senayan Jakarta.

Selain itu, Kementrian PPN/Bappenas juga memaparkan capaian pembangunan nasional dalam RPJMN III (2015-2019) terkait dengan partisipasi masyakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional. RPJMN ini telah dituangkan dalam perpres nomor 2 tahun 2015, yang selanjutnya menjadi pedoman kementrian dan menjadi bahan pertimbangan pemerintah daerah dalam menyusun menyesuaikan rencana pembangunan daerah untuk mencapai sasaran pembangunan nasional.

Melalui rapat kerja tersebut, Anggota Komite IV DPD RI mengapresiasi hal ini, karena pada dasarnya setiap daerah perlu mensinergikan kebijakan pembangunan nasional sehingga tujuan pembangunan di Indonesia tepat sasaran.

Terutama wilayah perbatasan, tentunya di  Komite IV DPD RI, akan terus mendorong pembangunan infrastruktur diwilayah tersebut, sehingga  nantinya beranda negara kita lebih maju, mengedepankan inovasi, fokus pada satu kawasan strategis dan berpotensi menjadi pusat perputaran ekonomi masyarakat.” kata Senator Komite IV, Asni Hafid saat dikonfirmasi usai rapat kerja dengan Kementrian PPN/Bapenas, Rabu (19/02/20)  di ruang rapat GBHN kompleks gedung Nusantara V Senayan Jakarta.

Visi Pembangunan Indonesia, lanjut Asni Hafid, megedepankan inovasi dengan lima program kerja utama, selain melanjutkan pembangunan infrastruktur,  juga perlu suatu kawasan yang berpotensi menjadi pusat perputaran ekonomi tentunya hal demikiaan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kawasan industri, pariwisata, perkebunan , perikanan dan membuka lapangan kerja yang seluas luasnya.

Komite IV DPD RI juga mendukung tema rencana kerja Pemerintah tahun ini, Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk pertumbuhan yang berkualitas sebagai tema RKP 2020, juga dijabarkan dalam lima program prioritas nasional.

Demikian juga dengan rencana pembangunan nasional di sektor usaha, Komite IV DPD RI mendorong Kementrian Perencanaan Pembanguan Nasional / Badan Perencaan Pembangunan Nasional menyusun rencana nasional yang lebih fokus pada sektor Kewirausahaan, UMKM, dan koperasi, hal tersebut dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. #Fik

Bagikan :

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes