Press "Enter" to skip to content

Cara Bikin Konten Vlog yang Awesome

JAKARTA – Bila melihat tren yang ada sekarang, banyak sekali tipe konten vlog yang trending setiap harinya, mulai dari review gadget, makanan, travelling, daily vlog, dan lain-lain. Jangan berkecil hati dan takut untuk memulai karena pada intinya, apapun tipe vlognya, pastiin kualitas konten kamu beda dari yang lain.

Konsisten dan tentukan tipe vlog 

Konsistensi adalah kunci keberhasilan dari vlog yang kita buat. Mungkin ada banyak vlogger yang bikin konten keren, tapi tidak konsisten dalam melakukannya. Ada tiga tipe konten vlog: yang pertama original series, yaitu tipe konten yang diupload dengan timeline rutin setiap minggunya. Kedua, tipe konten always on, yaitu biasa dikenal dengan konten “help” atau memberikan tips dan trik melakukan sesuatu. Tipe konten ini cenderung timeless atau tak lekang oleh waktu dan dapat dikonsumsi kapan saja hingga waktu yang lama. Ketiga, tentpole, atau dikenal sebagai “hero” content, yang melibatkan skala produksi yang lebih besar dan profesional.  Biasanya menggunakan metode livestream atau premiere untuk penayangan videonya. Yang terpenting, apapun tipe vlognya, pastiin kalo kamu selalu gunakan fitur kamera yang tepat untuk mengambil video terbaik sesuai dengan konteks vlog kamu. Gunakan kamera utama (48MP pada Galaxy A51 untuk memastikan viewers kamu dihibur dengan kualitas video yang jelas dan tajam. Galaxy A51 sudah dilengkapi dengan kapabilitas merekam video hingga 4K 30fps untuk hasil yang gak kalah bagus dengan kamera profesional.

Ikutin passion

Kegiatan yang kita lakukan sesuai passion pasti bakalan lebih enjoy dijalankan dan hasilnya pasti lebih maksimal. Nah, buat kamu yang masih coba-coba berbagai macam jenis konten, mungkin kamu bisa memulai bikin konten yang memang sesuai dengan yang kamu suka. Misalnya kamu cinta banget action figure, buatlah konten review dan unboxing action figure. Atau buat kamu yang hobi banget makan enak dan tahu tempat-tempat makan yang masih belum banyak orang ketahui, kamu bisa bikin konten food vlogging dan bocorin ‘hidden gem’ kamu ke viewers. Selain itu, dukungan baterai berkapasitas besar 4.000 mAh pada Galaxy A51, bikin kamu leluasa meng-explore passion kamu saat vlogging tanpa perlu khawatir kehabisan baterai.

Tuangkan kreativitas dalam cerita yang terstruktur

Kreativitas dan struktu cerita merupakan salah satu hal paling krusial yang dibutuhkan pada semua tahapan membuat vlog yang Awesome. Rancang storyline kamu terlebih dahulu dalam bentuk poin-poin yang memudahkan kamu untuk membuat struktur konten yang ingin disampaikan. Meskipun vlogging secara spontan di lokasi tetap perlu adanya Opening, Content, dan Closing. Selain itu, 7 detik pertama dari video adalah bagian yang menentukan viewers akan stay dan melanjutkan video tersebut atau tidak. Masukkan Snippet/cuplikan seru dari konten Video kamu di bagian awal ini.

Belajar edit dari smartphone

Editing bikin vlog kamu makin kaya dan berkualitas. Seperti dengan memberikan efek transisi yang smooth, pop-up efek yang fun, dan pewarnaan yang menarik. Buat pemula, kamu bisa coba jelajahi fitur video editing pada Galaxy A51 kamu untuk memotong video, mengganti filter warna, masukin teks dan lagu, hingga beautify effect.
Buat kamu yang ingin lebih lagi, banyak banget aplikasi editing yang tersedia di Playstore untuk dicoba. Kamu bisa milih beragam aplikasi editing seperti: Filmorago, Power Director, Kinemaster. Kamu hanya perlu explore mana yang cocok buat kamu dan cukup tekuni satu aplikasi saja. Dengan kekuatan prosesor octa-core Exynos 9611 pada Samsung Galaxy A51, dijamin proses editing kamu bakal lancar dan menyenangkan.***

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes