Press "Enter" to skip to content

Jurnalis Nunukan Bentuk Organisasi Lokal.

Last updated on February 22, 2021

NUNUKAN – Jurnalis Kabupaten Nunukan mendirikan organisasi lokal sebagai wadah silaturahmi dan persatuan bagi seluruh wartawan di Kabupaten Nunukan.

Kegiatan ini digelar, Minggu (21/2) diruang rapat Ambalat 1 Kantor DPRD Nunukan dihadiri puluhan wartawan dari media cetak, Radio dan Siber (online) yang bertugas di Kabupaten Nunukan.

Terbentuknya Forum tersebut, selain wadah silaturahmi juga bertujuan mewadahi setiap anggota dalam hal peningkatan kapasitas di bidang jurnalistik seperti pendidikan dan pelatihan kewartawanan serta merekomendasikan setiap anggota mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) pada Lembaga penyelenggara yang diberikan wewenang dari Dewan Pers.

Selain itu, organisasi lokal wartawan ini juga memprogramkan aksi aksi sosial serta membangun literasi media agar masyarakat melek tentang cara media merekonststruksi dan mengakses informasi.

Ketua Umum FKWN, Fadly Wira Kusuma mengatakan meskipun hanya sebatas organisasi lokal forum ini nantinya menjembatani wartawan dalam hal peningkatan mutu wartawan sekaligus menciptakan wartawan yang berintegritas serta memahami teknologi informasi.

” Era digital ini mobilisasi informasi deras dan cepat, wartawan sangat dituntut untuk bisa lebih mumpuni dan kreatif tanpa menghilangkan esensi jurnalistik dan kaidah kaidah yang sudah menjadi standar produk jurnalistik, ini nantinya akan kita wadahi tentunya akan mengundang narasumber berkompeten untuk memberikan pelatihan penulisan yang berpedoman pada etika jurnalistik,” kata Fadly.

Menurutnya Forum ini tidak mengintervensi kedudukan masing masing wartawan yang bekerja di perusahaan media atau media massa, namun selalu berupaya mengedepankan interdependensi anggota, artinya saling support dalam meningkatkan wawasan di bidang jurnalistik.

Dalam AD/ART juga disebutkan setiap anggota wajib mengikuti pelatihan dan pendidikan yang diselenggarakan FKWN agar dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan dan pemahaman di bidang jurnalistik terutama soal etika jurnalistik yang harus dijunjung tinggi oleh setiap wartawan.

‘’ Di sinilah kita akan maju bersama, kita menjadi satu, menghargai perbedaan dan menghormati independensi rekan jurnalis, anggota kita tidak terbatas pada satu organisasi wartawan semua ada disini, dari AJI, PWI bahkan IJTI dan organisasi wartawan lainnya,” tutup Fadly.#Mal

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes