Press "Enter" to skip to content

Anggota DPRD Nunukan, Prihatin Kebakaran Terjadi Diduga OGDJ.

NUNUKAN – Anggota DPRD Nunukan, H Andi Mutamir mengaku  prihatin mengenai kabar dugaan kebakaran yang melanda Jalan Bahari, Pasar Lama, Nunukan, disebabkan oleh Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Menurutnya, jika dugaan yang tersebar tersebut benar dan terbukti adanya, maka sudah menjadi persoalan serius. Sebab, kata dia, kasus kebakaran di Kabupaten Nunukan yang diduga ulah dari ODGJ, sudah beberapa kali terjadi.

“Persoalan ini nggak bisa dianggap sepele. Ini perlu perhatian kita bersama-sama. Karena kita tidak tahu sifat dan tindakan saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan, apakah biasa aja atau melakukan tindakan yg merugikan orang banyak,” ungkapnya.

Sebagai legislator senior, kata dia, DPRD maupun Pemda harus memikirkan langkah konkrit dalam penanganan ODGJ di Kabupaten Nunukan.

“Paling tidak, DPRD dan Pemda harus memikirkan untuk menganggarkan di dinas sosial terkait pos anggarannya,” ungkapnya.

Apalagi, kata dia, Kabupaten Nunukan sebagai sentra titik deportasi dari negara tetangga, Malaysia. Sehingga, tak jarang warga yang dideportasi mengalami gangguan jiwa dan menetap di Nunukan.

“Tentunya, kita harapkan kedepanya, perlu dibuatkan rumah sakit jiwa atau sejenisnya.  Sehingga, ODGJ yang berkeliaran di jalanan bisa segera ditangani melalui rehabilitasi.

Kalau masalah anggaran, itu kan tugas  Pemda dan DPRD untuk mendatangi Pusat atau Provinsi untuk agar di buatkan sarana buat warga kita yg mengalami gangguan jiwa dari negeri seberang,” ungkapnya.***

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes