Press "Enter" to skip to content

Lapas Nunukan Sukses Realisasikan Program KPN Di Masa Pandemi.

NUNUKAN – Menciptakan kemandirian pangan, Lapas Kelas IIB Nunukan membina warga binaan dengan pelatihan pengelolaan lahan tidur untuk pertanian, sebagai upaya dukungan terhadap Program Ketahanan Pangan (KPN) di tengah pandemi covid 19.

Pemanfaatan lahan seluas 4 hektar itu, kini berkembang dengan beragam pembudidayaan tanaman yang bisa dikonsumsi dan bernilai ekonomi, seperti sayuran dan buah yang rencananya diperjual belikan.

Agrowisata Lapas Nunukan
Tanaman Pisang yang dibudidayakan warga binaan lapas kelas IIB Nunukan.

Pelatihan ini nantinya menjadi bekal kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Nunukan jika nanti sudah bebas dari masa penahanan, agar memiliki kemandirian pangan di lingkungan Lapas ini dan tidak memberatkan pihak keluarga.” Kata Kalapas Nunukan, Taufiq Hidayat, Kamis (20/5).

Lebih lanjut disampaikan, selain sukses merealisasikan program resolusi kemasyarakatan tersebut Lapas Nunukan juga membantu pemerintah dalam membangun ketahanan pangan di tengah Pandemi Corona, dan memberikan keterampilan kepada warga binaan agar lebih produktif dimasa pandemi serta menjadi dan menjadi tulang punggung bagi keluarga setelah menjalankan masa tahanan di Lapas Kelas IIB Nunukan.

Tujuan utama dari proses pembinaan ini sebagai bekal untuk warga binaan sekembalinya dimasyarakat agar bisa lebih produktif dan inovatif usai menjalani masa hukuman dengan memiliki keahlian bertani maupun berkebun. Selain itu hasil dari program tersebut juga sudah berhasil menyumbangkan PNBP setiap bulan ke Negara.

Agrowisata Lapas Nunukan
Tanaman Kacang Panjang juga dibudidayakan di Agrowisata Lapas Nunukan.

“ Saat ini Lapas Kelas IIB Nunukan juga terus memperbaiki dan meningkatkan saran asimilasi yang ada, sarana asimilasi ini kami bangun sebagai upaya menampung minat dan bakat serta untuk mengembangkan potensi warga binaan,” kata Taufiq Hidayat.

Beberapa bulan lau DPRD Provinsi Kaltara menyambangi Lapas Nunukan, dalam kunjungannya ketua I dan Ketua II, bangga dan terharu bisa melihat kekompakan antara warga binaan dan pembimbing atau pegawai Lapas Nunukan bersatu padu dalam memberikan sumbangsihnya kepada Bangsa.

Agrowisata Lapas Nunukan
Warga Binaan membudidayakan Sayuran Kangkung di Agrowisata, bergizi dan bernilai ekonomis.

” Suatu langkah kerjasama ini kami ucapkan terimakasih. Semoga ini bisa memberikan daya tambah wawasan terhadap warga binaan. Harapan kami semoga ketika selesai dari masa binaan akan bisa diterapkan ketika keluar lapas”, paparnya.

Lapas Nunukan mendukung program Pemerintah dalam rangka ketahanan pangan Karena itu kita memberikan apresiasi kepada Lapas Nunukan atas pembinaan kemandirian dengan program budidaya bidang pertanian maupun perkebunan yang berhasil membuat lahan lebih produktif.***

Sumber : RR – Humas Lapas Nunukan

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes