Press "Enter" to skip to content

Satgas Covid 19 Nunukan Perketat PPKM, Langgar Prokes Swab Ditempat.

NUNUKAN – Satgas Covid 19 terus memperketat Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), terhadap warga yang mengabaikan Protokol Kesehatan terutama penggunaan masker, maka diminta menjalani Swab ditempat.

Swab Antigen ditempat
Pelanggar Protokol Kesehatan diminta menjalani swab antigen ditempat.

Tim Gabungan TNI, POLRI, Satpol PP dan Petugas medis yang merupakan bagian dari Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid 19 tak segan menindak tegas para pelanggar Prokes itu.

Tak heran jika beberapa hari ini, saat menggelar operasi yustisi, puluhan warga terpaksa menjalani Swab antigen Ditempat, mengingat angka terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten semakin meluruh, namun masih saja ditemukan warga yang mengabaikan bahaya pandemik covid 19 tersebut.

Berbeda pada malam sebelumnya Satgas Covid 19 menjaring 22 orang pelanggar Prokes, namun pada Jumat (9/7) malam kemarin, personil gabungan menemukan 25 warga tidak menggunakan masker, yang sedang nongkrong di cafe dan warung makan.

Swab Antigen ditempat
Satgas Covid 19 meminta warga menjalani Swab Antigen di tempat, karena melanggar PPKM DAN Protokol Kesehatan.

Koordinator Penegakan Perda Satpol PP Nunukan Huzaini, SH mengatakan, perlu terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya penggunaan maskes di masa pandemik ini, memakai masker dan mencuci tangan serta memghindari kerumunan merupakan cara yang sederhana memutus mata rantai penularan covid 19.

” Diakui Tingkat kesadaran masayarakat masih rendah, masih saja ditemukan pengunjung warung makan dan cafe tidak menggunakan masker, kita tindak tegas dengan melakukan Swab ditempat agar ada efek jera kepada pelanggar Prokes,” kata Huzaini.

Ia menjelaskan, sebanyak 25 orang yang menjalani Swab Antigen itu, satu diantaranya reaktif dan memiliki gejala covid 19 yaitu MM (L25) warga jalan TVRI Nunukan.

” kita pisahkan dari yang lainnya dan langsung ditangani tim medis Satgas Covid 19,” ungkapnya.

Tes Swab Antigen terbilang cepat dan akurat hingga 80 persen, untuk mengetahui hasil reaktif dan nonreaktif membutuhkan kurang dari satu jam, berbeda dari tes cepat model sebelumnya.

Swab Antigen di tempat
Sebanyaj 25 orang yang terjaring melanggar Prokes akhirnya menjalani Swab Antigen Ditempat.

Dalam menggelar operasi yustisi, tim gabungan personil TNI POLRI dan Satpol PP menyediakan masker untuk dibagikan kepada warga jika ditemukan tidak memakai masker, pola edukasi dan pendekatan secara persuasif masih terdepan mengajak masyarakat agar patuh terhadap disiplin Protokol Kesehatan.

” Cara seperti inilah yang selalu kita kedepankan, meskipun kita juga mengakui ada tindakan yang perlu dipertegas, namun penegasan itu bukan berarti secara emosional, tetapi lebih kepada edukasi agar kita semua jauh dari Covid 19,”.tutupnya.#fik.

Bagikan :
Top Update :
error: Hubungi Redaksi
Pariwara Prokes