Press "Enter" to skip to content

Disdik Kaltara Buka Jalur Beasiswa Luar Negeri.

TANJUNG SELOR, marajanews.id – Dinas Pendidikan Kalimantan Utara membuka kesempatan bagi pelajar SMA / SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri melalui jalur Beasiswa.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara, Teguh Hendri Sutanto, Rabu (25/5) di Kantor Dinas Pendidikan Kaltara.

Peluang 300 Quota Beasiswa Kaltara

Teguh mengatakan, Dinas Pendidikan Kaltara membuka peluang sebanyak 300 quota bagi putra putri Kaltara yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

” Ini peluang besar bagi pelajar SMA / SMK di Kaltara, karna saat ini Kaltara juga memiliki proyek besar kawasan Industri pelabuhan yang tentunya akan menyerap banyak tenaga kerja,” kata teguh.

Lebih lanjut disampaikannya, beasiswa tersebut mengundang tawaran yang menguntungkan, biaya kuliah dan tempat tinggal gratis diperuntukkan bagi pelajar selama menjalani perkuliahan.

Jalur pendidikan beasiswa ini terdapat di Cina, Taiwan dan Jepang. Ketiga Kota ini merupakan negara yang memiliki Industri terbesar di dunia, yang tentunya dapat menambah pengalaman bagi penerima beasiswa.

” Persiapannya adalah anak anak kita menguasai bahasa mandarin agar bisa berinteraksi dengan penduduk disana, ini juga dapat mendatangkan Investor ke kaltara,” lanjutnya.

Dengan adanya program tersebut dapat memacu pertumbuhan Indeks Pembangunan serta perekonomian di Kalimantan Utara.

Teguh yakin bahwa penerima manfaat beasiswa ini bakal menarik Innvestor dari Cina mengingat wilayah Kaltara masi sangat luas jika pengembangannya mengarah di bidang Industri.

” Saya meyakini itu, nanti ada investor dari Negara China, karena yang punya modal besar itu China, intinya adalah kami hanya memfasilitasi, tapi yang tahu dari pihak pengelola beasiswa,” ungkapnya.

Beasiswa ITC Centre

Koordinator International Indonesia Tionghoa Culture (ITC) Centre, Andre So mengatakan hal yang sama, pihaknya juga menyediakan 120 jurusan bagi pelajar Indonesia mengikuti beasiswa ITCCentre.

” Jurusan kedokteran tenpa tes dan bebas biaya pendaftaran namun untuk biaya kuliah dan tempat tinggal ditanggung masing masing peserta dengan total biaya Rp.19 juta per semester,” kata Andre.

Persyaratannya pun sangat mudah, hanya melengkapi data akademis kemudian menghubungi bagian administrasi ITCCentre.

” Kita sangat berharap bahwa anak muda perbatasan semangat dalam menimba ilmu ke luar negeri.” Tutupnya.#Fik.

Bagikan :