Press "Enter" to skip to content

Musrenbang dilaksanakan Virtual, Bupati Nunukan ; Tetap Jaga Kualitas

NUNUKANMenjalankan amanat dan kewajiban Perundang-undangan, Musrenbang Tingkat Kabupaten Nunukan Tahun 2020 digelar kemarin, Selasa (07/04) menggunakan Virtual Meeting melalui aplikasi Zoom.

Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid SE MM menyampaikan Sambutan dalam Acara Musrenbang Tingkat Kabupaten melalui Virtual Meeting di LT. IV Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan.

Mengawali agenda Musrenbang tingkat Kabupaten itu, Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid menyampaikan sambutan, ia mengatakan, prinsip utama penyelenggaraan Musrenbang adalah kesepakatan program dan kegiatan prioritas untuk mencapai mufakat melalui pendekatan Top-Down dan Bottom-Up (atas-bawah dan bawah-atas) yang sesuai dengan kewenangan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Bupati Nunukan, Hj Laura Asmin Hafid SE MM didampingi Sekretaris Daerah Kab. Nunukan, Serfianus S.IP sedang menyaksikan Ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa Menyampaikan Pokok pokok pikiran Anggota DPRD Nunukan.

Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Nunukan tahun 2020, kata Laura, merupakan forum pertemuan antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah Kabupaten Nunukan.

“ Musrenbang ini adalah perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah dalam rangka membahas rancangan awal RKPD kabupaten Nunukan tahun 2021 menjadi rancangan akhir rkpd kabupaten nunukan tahun 2021.” tuturnya

Menurutnya, melalui Musrenbang, masyarakat dilatih memikirkan gagasan untuk memajukan daerahnya dan berargumentasi berdasarkan data/informasi yang akurat, hal ini berarti masyarakat dapat menyusun prinsip dan nilai yang menjadi rujukan bersama sehingga muncul suatu kontrol social terhadap kebijakan pembangunan.

Peserta Rapat saat menyaksikan Musrenbang Virtual Meeting yang digelar ditempat yang berbeda.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah pada tahun 2021 dengan sasaran dan prioritas pembangunan daerah provinsi kalimantan utara tahun 2021 menghasilkan program dan kegiatan daerah kabupaten/kota yang seirama dengan program provinsi kalimantan utara untuk dibahas dan disepakati dalam Musrenbang RKPD Provinsi.

Dengan memahami pengertian dari Musrenbang tersebut, Bupati Nunukan mengatakan, hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para pihak untuk mewujudkan tujuan dari Musrenbang itu sendiri.

“ Dengan memahami tujuan yang mulia tersebut, walaupun saat ini kita menyelenggarakan Musrenbang tahun 2020 dengan virtual meeting sebagai wujud kesadaran kita semua untuk mendukung percepatan penanganan Covid – 19 di kabupaten nunukan, maka saya berharap Musrenbang tahun 2020 di Kabupaten Nunukan tetap dapat berjalan dengan penuh semangat dan tetap terjaga kualitasnya,” kata Laura, menyampaikan sambutannya melalui virtual meeting di Lt IV Kantor Bupati Nunukan.

Melalui Musrenbang, lanjut Laura, tentu Pemerintah Daerah dapat menggunakan parameter output/manfaat yang telah ditentukan diawal, meliputi : adanya kesepakatan dalam permasalahan pembangunan daerah Kabupaten Nunukan Tahun 2021; kesepakatan dalam sasaran dan prioritas pembangunan daerah kabupaten nunukan tahun 2021; kesepakatan terkait program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi kegiatan semua perangkat daerah; adanya masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan rkpd kabupaten nunukan tahun 2021; mengajak dan mendidik publik untuk peduli dengan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten nunukan; memberikan ruang partisipasi masyarakat yang dijamin haknya oleh undang-undang; serta menyelaraskan antara harapan masyarakat dengan kemampuan pemerintahan daerah.

Diruangan yang berbeda, Ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa menyampaikan pokok – pokok pikiran anggota dewan, disusul Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Utara juga mempresentasikan arah kebijakan pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dari room meeting di Kantor Pemprov Kalimantan Utara.

Bupati Nunukan H.Asmin Laura Hafid, SE.,MM didampingi oleh Sekretaris Daerah Serfianus, S.IP.,M.Si, Kepala Bappeda Litbang Kab. Nunukan Juni Mardiansyah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin, Kepala BKAD Iwan kurniawan, Kadis Kominfotik Kab Nunukan Suprianto berada di room meeting Kantor Bupati Nunukan, sementara peserta lainnya berada diruangan masing masing kantornya.#Adv

Bagikan :

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *