Press "Enter" to skip to content

Lapas Nunukan Remajakan Fasilitas Keamanan.

NUNUKAN, marajanews.id – Lembaga Pemasayarakatan Kelas IIB Nunukan melakukan peremajaan fasilias keamanan dan ketertiban dengan mengganti gembok Kamar Hunian, Kamis (24/02) di lapas Nunukan, dengan cara gembok yang lama dikumpulkan lalu memeriksa anak kunci kemudian mengganti gembok yang sudah diberikan pelumas agar tidak berkarat dan mudah digunakan.

Setelah pembersihan dan perawatan, gembok diroling, hal ini dilakukan sebagai salah satu unsur penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban lapas. Selain itu, perawatan dan rolling gembok secara berkala dapat mencegah penduplikasian atau pengerusakan kunci yang bisa berakibat pelarian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Lapas Nunukan Remajakan Fasilitas Keamanan
Plh. Kasi.Min.Kamtib, Machfudh, dan KPLP, Youga Supriyadi mempersiapkan roling gembok hunian WBP, rencananya akan dilakukan setiap bulan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Plh. Kasi.Min.Kamtib, Machfudh, dan KPLP, Youga Supriyadi, dalam kesempatan tersebut Youga menyampaikan bahwa kedepannya kegiatan ini rutin dilaksanakan yakni rolling gembok setiap bulannya. Tujuannya adalah untuk mengecek kelayakan sarana dan prasarana lapas.

“ Kita sudah mengganti Gembok Kamar Hunian Sebanyak 69, untuk memperketat lagi pengawasan, keamanan dan ketertiban di lingkungan lapas Nunukan,” kata Youga.

Dikonfirmasi Kalapas Nunukan, I Wayan mengatakan, penggantian gembok kamar hunian warga binaan sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi Pemasyarakatan yang dilaksanakan jajarannya.

“Kita melaksanakan fungsi pemasyarakatan, yaitu menyiapkan warga binaan agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat, sehingga dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggungjawab saat bebas nantinya.

Lapas Nunukan Remajakan Fasilitas Keamanan
Persiapan Peremajaan Kamar Hunian WBP untuk meningkatkan pengawasan, keamanan dan ketertiban dilingkungan lapas.

Fungsi tersebut berjalan dengan terciptanya kondisi yang kondusif selama mereka berada di sini, sehingga pembinaan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Menurutnya, jika terjadi gangguan kamtib, tentu akan mengganggu pelaksanaan pembinaan, potensi gangguan itu macam-macam sumbernya.

“Kita cegah dengan salah satu tindakan yakni dilakukannya perputaran ataupun penggantian gembok-gembok tersebut,” jelasnya.

Lapas Nunukan terus berkomitmen melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban dengan berbagai upaya. Di antaranya dengan melakukan razia kamar hunian secara rutin dan insidentil, perawatan dan rolling gembok, kontrol keliling lapas, agar situasi dan kondisi Lapas Nunukan selalu aman dan terkendali.***

Sumber : Humas Lapas Nunukan – Rudi Rusdianto

Bagikan :