Press "Enter" to skip to content

BPBD Nunukan Distribusikan Bantuan Ke Tulin Onsoi.

NUNUKAN, marajanews.id – Badan Penanggulangam Bencana (BPBD) Nunukan mendistribusikan Sembako  kepada korban bencana banjir di Kecamatan Tulin Onsoi Kabupaten Nunukan.

Arif Budiman
Kepala BPBD Nunukan Arif Budiman

Bantuan tersebut, berupa beras 20 kg sebanyak 50 karung, minyak makan  50 pcs, mie Instan 50 dos, Gula Pasir 50 kilo, Kopi 50 bungkus, teh 50 pcs, telur 50 rak. Paket sembako ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas BPBD, Arif Budiman, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan.

” Saya mewakili Bupati Nunukan menyerahkan bantuan dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Kecamatan Tulin Onsoi, untuk selanjutmya saya serahkan ke kepala Desa dan warga yang terdampak banjir bandang,” kata Arif Budiman.

Banjir Bandang ini adalah banjir kiriman dari Malaysia, melanda sebanyak 10 desa di Kecamatan tersebut, meliputi, desa Semunad, Sekikilan, Kalunsayan, Tembalan, Salang, Tinampak I, II, Naputi, Tau Baru dan Desa Balatikon.

Berdasarkan data dari BPBD Nunukan, sebanyak 395 KK atau sekitar 1015 Jiwa terdampak dalam bencana banjir tersebut.

Hingga saat ini terpantau fasilitas umum dan fasilitas pemerintahan di Tulin Onsoi mengalami rusak ringan.

”  Tidak ada Korban Jiwa dalam peristiwa ibanjir tersebut,” lanjutnya.

Terhadap bencana itu, Pemerintah Kecamatan dan UPT. BPBD Nunukan terus melakukan monitoring dan mendata desa yang terdampak banjir dan mendokumentasikan sebaran banjir di Kecamatan Tulin Onsoi.

Salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Tulin Onsoi, Kanai Kornelis mengatakan, Banjir tersebut adalah banjir kiriman dari Negara Tetangga, Malaysia yanh terjadi setiap tahun.

Ads Banner Pemprof Kaltara” Banjir tahun ini terparah selama 20 tahun terakhir,” kata Kanain.

Adapun data Dampak Bemcana Banjir di Kecamatan Tulin Onsoi, di desa Semunad sebanyak 22 KK fasilitas umum yang terdampak, Teminal Pemyeberangan. Desa Sekikilan RT 01 14 Kk, RT 02 31 Kk dan RT 03 11 Kk, fasilitas umum yang terdampak, Kantor Desa, BPU dan Kantor Camat.

Di Desa Kalunsayan 36 Kk fasilitas terdampak Kantor Desa, Desa Tembalang RT 01 26 Kk, RT 02 17 Kk, Fasilitas Umum yang terdampak, Kantor Desa, BPU, Bangunan Paud, Puskesdes, Lapangam Futsal dan Bhakti Aksi.

Desa Salang RT 01 36 Kk, RT 02 28 Kk, yang tedampak Kantor Desa, BPU, lapangam Voly dan Bangunan Paud.

Desa Tinampak II RT.01 30 Kk, RT 02 28 Kk, fasilitas yang terdampak, Kantor Desa dan BPU, selanjutnya Desa 77 Kk, Desa Tau Baru 29 Kk, Desa Balantikon RT. 01 40 Kk, dan RT 02 32 Kk.#m01

Bagikan :