Press "Enter" to skip to content

TPA Al Mukmin Wisuda 39 Santri Di Islamic Centre Nunukan.

NUNUKAN, marajanews.id – Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Binaan Al Mukmin wisuda sebanyak 39 Santri di Islamic Centre Nunukan.

Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Santri, Siti Zahirah Said,.S.Ag.
Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Santri, Siti Zahirah Said,.S.Ag.

Wisuda Perdana ini digelar, Sabtu (16/12/23) di Pelataran Masjid Hidayatullah Islamic Centre Nunukan, dengan tema membentuk generasi rabbani berakhlak Qur’an menuju Nunukan Selatan terkemuka.

Penyampaian Ikrar Wisudawan TPA Al Mukmin Nunukan Selatan.
Penyampaian Ikrar Wisudawan TPA Al Mukmin Nunukan Selatan.

Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Santri, Siti Zahirah Said,.S.Ag mengatakan, wisuda ini sudah ketiga kalinya, wisuda pertama dan kedua kerjasama dengan BKPRMI dan kali ini dilaksanakan TPA Binaan Al Mukmin Mamolo.

” Ini wisuda perdana kami laksanakan dan Alhamdulillah dari 60 Santri, 39 orang hari ini kami wisuda, ini adalah wujud penghargaan dari kami,” kata Zahira.

Wisuda Santri Al Mukmin Nunukan Selatan.
Sepuluh Wisudawan Terbaik Santri TPA Al Mukmin Nunukan Selatan.

Zahira mengatakan, kegiatan ini dirangkai dengan pengumuman lomba hari santri Nasional hal ini juga merupakan bentuk penghargaan kepada santri dan santriwati yang telah mengikuti lomba yang dilaksanakan di TPA Al Mukmin.

Ia berharap agar kegiatan berikutnya dapat terlaksana sesuai dengan harapan pihak pengelola TPA dan orang tua siswa yang telah menitipkan anak anaknya belajar agama Islam di TPA Almukmin tersebut.

Wisuda Santri Al Mukmin Nunukan Selatan.
Wisuda Santri Al Mukmin Nunukan Selatan.

” Target kita mereka harus mengetahui cara wudhu, bacaan sholat dan fasih membaca ayat suci Al Quran, selebihnya adalah pendidikan karakter yang bertujuan membentuk sikap dan prilaku siswa sesuai dengan ajaran agama Islam,” ungkapnya.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Nunukan selatan ini menjelaskan, TPA Binaan Al Mukmin mengedukasi siswa siswi sekolah dalam pendidikan karakter yang berbasis agama Islam di Kelurahan Mamolo dan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan.

Hal ini tambah Zahira, Pendidikan Agama Islam wajib ditanamkan sedini mungkin kepada anak usia dini agar dapat menjadi filter terhadap pengaruh negatif, baik perkembangan teknologi maupun di lingkungan sosialnya.

” Pendidikan Karakter harus kita tanamkan sedini mungkin kepada anak anak agar mereka jauh dari pengaruh negatif dilingkungan sosial dan teknologi,” kata Zahira.

Ketua Panitia ini juga mengatakan, bahwa kegiatan Wisuda tersebut merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya saat menjelang akhir tahun ajaran.

Wisuda Santri Al Mukmin Nunukan Selatan.
Wisuda Santri Al Mukmin Nunukan Selatan.

Hal ini memiliki warna tersendiri bagi TPA Al Mukmin dan juga bermakna khusus bagi santri dan santriwati untuk melanjutkan pendidikan sekolah dasar hingga ke jenjang yang lebih ttinggi.

“Bagi kami acara ini merupakan bukti keberhasilan lembaga pendidikan dalam membina dan mendidik serta memberikan bekal bagi para santriwan dan santriwati sehingga mereka dapat menyelesaikan rangkaian tahapan pendidikan di kelas dengan baik, ” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri, Pendiri dan Pengurus TPA Al Mukmin, Camat Nunukan Selatan, Hj Ramsidah, Sekretaris BKPRMI Nunukan, Dwi Rahmat, dan Kepala KUA Kecamatan Nunukan Selatan, Muhlish S.Pdi.#Adv

Bagikan :