Press "Enter" to skip to content

Pemkab Nunukan Himbau Satuan Pendidikan Semarakkan Ramadhan 1445 Dengan Pesantren Kilat.

NUNUKAN, marajanews.id – Pemerintah Daerah Nunukan melalui Dinas Pendidikan menghimbau Satuan Pendidikan agar menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H dengan kegiatan keagamaan.

“ Kita sudah menghimbau sekolah sekolah untuk menyemarakkan bulan yang penuh berkah ini dengan kegiatan yang dapat meningkatkan nilai nilai keagamaan siswa salah satunya adalah Pesantren Kilat,” kata Ahmad, Rabu (20/3/24) di ruang kerjanya Kantor Dinas Pendidikan Nunukan.

Menurutnya Pesantren kilat di bulan Ramadhan memberikan banyak manfaat bagi para peserta didik, penyelenggara, dan masyarakat luas.

Kegiatan ini menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan pemahaman agama, meningkatkan kualitas ibadah, membangun akhlak mulia, dan mempererat ukhuwah Islamiyah pada satuan Pendidikan.

Semoga kegiatan ini membuat Ramadan 1445 H menjadi semarak. Sekaligus juga menanamkan kebiasaan baik kepada peserta didik,”ujar Ahmad.

Pesantren Kilat yang digelar SD 001 di Masjid Al Mujahidin Nunukan.
Pesantren Kilat yang digelar SD 001 di Masjid Al Mujahidin Nunukan.

Dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan, terpantau Sekolah Dasar Negeri 001 Nunukan menggelar kegiatan tersebut dengan tema “ Mari Kita Raih Maghfirah Allah SWT” berlangsung di Masjid Mujahidin Nunukan.

Kegiatan ini diharapkan bisa memperdalam ajaran agama islam bagi siswa siswi sehingga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Terpisah, Koordinator Pelaksana Pesantren Kilat SD 001 Nunukan, Hasanuddin mengatakan, beragam materi siswa dapatkan dalam kegiatan tersebut, diantaranya mengajarkan siswa niat puasa, membaca Al Quran secara berkelompok, serta memperbanyak amal saleh seperti kewajiban untuk melaksanakan sholat.

Pesantren ramadhan ini diikuti peserta didik mulai kelas III sampai dengan kelas VI dengan jumlah sekitar 500 pelajar.

“Pesantren kilat ini rutin kami laksanakan setiap bulan ramadhan dan baru pertama kali kita laksanakan di masjid. Karena berhubung ruang sekolah tidak memadai akhirnya dilaksanakan di masjid saja,” ujar Hasanuddin.

Ia berharap agar anak – anak kedepannya bisa mengaplikasikan dalam kehidupannya masing – masing. Karena ramadhan ini berguna untuk mereka, dan seluruh umat islam umumnya.#Adv.

Bagikan :