Press "Enter" to skip to content

Dermaga Sei Jepun  Rampung Tahun Ini.

NUNUKAN, marajanews.id – Dermaga Sei Jepun yang dijadikan fasilitas penyebrangan laut menghubungkan sejumlah kecamatan di Kabupaten Nunukan bakal rampung tahun ini.

Kepala UPT Pelabuhan Fery Sei. Jepun Agus Rauf, A.Md mengatakan untuk sementara Pelayanan kapal ferry dihentikan hingga perbaikan dermaga dan movable bridge dituntaskan tahun ini.

Dermaga Sei Jepun diperbaikiDihentikannya aktifitas penyeberangan di dermaga itu membuat Pelaku Usaha dan masyarakat umum terpaksa menggunakan jalur tranportasi alternatif perahu motor dengan kapasitas terbatas.

“Kami menerima keluhan dari pengguna jasa kapal feri khususnya untuk pelaku usaha. Seperti, bongkar muat kelapa sawit, semoga perbaikan dermaga ini segera difungsikan dan aktifitas penyeberangan kembali Normal,” tutur Agus Rauf, A Md.

Ia menambahkan, kondisi pelabuhan fery nantinya akan lebih baik setelah dilakukan perbaikan. Demikian juga pelabuhan Liang Bunyu yang lebih awal sudah diperbaiki.

” Pelabuhan Liang Bunyu sudah selesai diperbaiki, masalahnya sama dengan Pelabuhan Ferry Sei Jepun, Dermaga dan Movable Bridgenya yang selama beberapa tahun terakhir bermasalah, sehingga tidak bisa optimal digunakan,” ungkapnya.

Perbaikan Dermaga Sei JepunJika Pelabuhan fery Sei Jepun bisa berfungsi dengan normal, Menurut Agus layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kembali lancar seperti pengangkutan kendaraan untuk pengangkut sawit, bahan bangunan maun kendaraan masyarakat roda dua maupun roda empat yang akan berurusan  di pulau Nunukan maupun di pulau Sebatik.

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan penyebrangan yang menghubungkan Pelabuhan Liang Bunyu di Pulau Sebatik. Sesuai Peraturan menteri perhubungan Nomor 53 Tahun 2002 tentang tatanan Kepelabuhanan Nasional, UPT pelabuhan penyeberangan Sei. Jepun adalah pelabuhan tipe C.***

Sumber : Diskominfotik Kabupaten Nunukan.

Bagikan :