Press "Enter" to skip to content

Potensi Pertanian Nunukan 1.4 Juta Hektar.

NUNUKAN, marajanews.id – Lahan Pertanian yang berpotensi di Kabupaten Nunukan tersebar di sejumlah kecamatan dengan luas 1.4 juta Hektar, hal ini disampaikan Ketua DPC. Himpunan Kerukukan Tani Indonesia (HKTI), Hj Asmin Laura Hafid SE, MM, P.hD. Jumat (11/3) melalui acara Pengkuhan Pengurus DPC. HKTI Nunukan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Nunukan.

Ketua DPC. HKTI Nunukan
Ketua DPC. HKTI Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM, P.hD.

Dengan luasan tesebut, tentunya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Nunukan.

Meski demikian, ada beberapa lahan belum produktif, karena sejumlah hambatan saat ini masih dirasakan petani antara lain Kondisi Geografis wilayah, melonjaknya harga pupuk dan Pemasaran yang perlu dukungan dari pemerintah.

” Petani Kabupaten Nunukan mengharapkan tambahan quota pupuk dari pemerintah, kami memohon dukungan ketua DPD HKTI Kaltara sekaligus Gubernur Kaltara agar dapat meningkatkan pertanian di Nunukan,” kata Laura.

HKTI dan Kelompok Tani Nunukan
HKTI dan Kelompok Tani Nunukan.

Pengembangan sektor pertanian di wilayah perbatasan ini berperan penting memperkuat ketahanan pangan masyarakat, pertanian harus menjadi perioritas utama dalam peningkatan ekonomi kerakyatan.

Saat ini HKTI Nunukan menjadi jembatan aspirasi Petani ke Pemerintah Daerah dan organisasi tersebut mengkomunikasikan keluhan masyarakat petani untuk membuka akses jalan tani di sejumlah kecamatan.

” Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Daerah telah menganggarkan sekitar 40 titik jalan tani untuk membantu para petani kita yang tersebar dibeberapa kecamatan,” tambanya.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPC HKTI Nunukan mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPD. HKTI Nunukan yang telah melantik pengurus HKTI Nunukan, atas pelantikan tersebut, Laura berharap agar momentum ini merupakan menjadi tekad bersama untuk memajukan HKTI di Kabupaten Nunukan.

Sekretaris HKTI Kabupaten Nunukan.
Sekretaris DPC HKTI Nunukan, Abdul Kadir S.Ag dengan Ketua DPD. HkTI Provinsi Kaltara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris HKTI Nunukan, Abdul Kadir S.Ag menambahkan, kehadiran HKTI di tengah masyarakat adalah wujud pengabdian, HKTI bersama masyarakat Petani akan senantiasa bekerjasama dalam rangka meningkatkan produksifitas di bidang Ketahanan pangan.

Untuk itu ia juga berharap agar kedepan pengurus HKTI Nunukan selalu menjadi penyambung lidah antara petani dan pemerintah sehingga harapan maju, mandiri dan modern dapat terwujud sekaligus menjadi pemantik pemulihan ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia ini.

Penyerahan Kultivator Kepada 3 kelompok Tani
Penyerahan Kultivator Kepada 3 kelompok Tani Kabupaten Nunukan.

Usai kegiatan pelantikan, Ketua DPD. HKTI Provinsi Kaltara dan Ketua DPC. HKTI Nunukan menyerahkan bantuan kultivator kepada tiga kelompok tani Kabupaten Nunukan.#Fik.

Bagikan :