Press "Enter" to skip to content

Paragon Gagas Inovasi Pendidikan Melalui Program ILP.

JAKARTA, marajanews.id – PT. Paragon Inovation Teknologi menggagas inovasi pendidikan melalui program Inspiring Leacturer Paragon (ILP).

Program ini merupakan peningkatan kapasitas bagi para dosen perguruan tinggi di Indonesia untuk menjadi agen perubahan dalam mewujudkan semangat Merdeka Belajar.

Rico Juni Artanto
Paragon CSR Consultan / Inisiator Program ILP, Rico Juni Artanto.

Paragon CSR Consultan / Inisiator Program ILP, Rico Juni Artanto mengatakan, Program ini mengakselerasi kualitas dosen dengan membentuk mindset dan mentalitas.

Dosen sebagai inspirator dalam menginovasi sistem pembelajaran mahasiswa serta membekali kompetensi ekosistem pendidikan Indonesia.

” Program ini sebenarnya sangat berdampak pada dosen baik keinginan maupun kepuasan sangat sesuai apa yang di butuhkan di perguruan tinggi,” kata Rico, Jumat (27/5) dalan agenda GWPP Batch IV virtual di Jakarta.

Dikesempatan yang sama, Paragon CSR Senior Officer/Project Manager Inspiring Lecturer Paragon (ILP), Nelsa Dwi Wahyuni juga menjelaskan hal sama, bahwa saat ini program leacture paragon terus ditingkatkan.

Selain Coaching, paragon juga mengembangkan ILP ke Program NLP (Neuro Linguistic Programming), Fasilitasi dan beberapa program lainnya.

Nelsa menambahkan, Program ILP ini dilaksanakan secara daring menghadirkan 300 peserta yang terpilih dari Dosen perguruan tinggi Negeri dan Swasta Indonesia.

Nelsa Dwi Wahyuni
Paragon CSR Senior Officer/Project Manager Inspiring Lecturer Paragon (ILP), Nelsa Dwi Wahyuni.

Peserta dilatih untuk meningkatkan kompetensi meliputi, Advance Innovation Competencies, Funcional Competencies dan Core Competencies.

Struktur Kompetensi pertama yaitu, kompetensi lanjutan yang dibutuhkan dosen agar selalu siap dengan tantangan dan kemajuan zaman, (Advance Innovation Competencies).

Kedua, Kompetensi Teknis membantu dosen menjadi tenaga pengajar yang berkualitas (Funcional Competencies).

Ketiga, Kompetensi kunci yang memperkuat seorang dosen menjalankan misi mulia dalam pendidikan (Core Competencies).

” Program ini sudah berjalan 5 tahun hingga saat ini, kita betul betul merasakan dampak positifnya baik Internal perusahaan maupun ekternal para dosen yang mengikuti pelatihan ini,” kata Nelsa.

Awalnya program ini dilaksanakan secara mandiri melalui leacturer coaching movement kemudian pengembangannya lebih lengkap dengan memberikan support sesuai dengan kebutuhan para dosen.

ILP Eksis Dimasa Pandemi

Pandemi pada 2021 lalu, membuat seluruh sektor pembangunan harus beradaptasi dengan PPKM dan protokol kesehatan.

Namun perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia ini, terus bergerak mencari solusi agar Pendidikan tetap eksis dan mengalir menjadi ruang pembelajaran di masa pandemik.

” Jadi kalau kembali ke 2021 kita semua harus beradaptasi dengan kondisi yang ada, lebih dari satu tahun mengalami pandemi, saatnya kita bangkit mencari jalan keluar melakukan sesuatu secara optimal,” lanjutnya.

Semangat inilah yang mengawali terciptanya Inspiring Leacture Paragon (ILP) sehingga menjadi suatu program meningkatkan kapasistas dosen sebagai agen perubahan atau penggerak dalam ekosistem pendidikan untuk mewujudkan merdeka belajar di Indonesia.#Fik.

Bagikan :