Press "Enter" to skip to content

Launcing Bild Institut Kalimantan, Bupati Nunukan Sampaikan Kuliah Umum.

NUNUKAN, marajanews.id – Bupati Kabupaten Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid SE, MM, Ph.D menyampaikan Kuliah Umum pada launcing Bild Institut Kalimantan Kelas Kabudaya Nunukan. Senin (11/7) di Mansalong Kecamatan Lumbis.

Bupati Nunukan Sampaikan Kuliah Umum di Bild Institut Kabudaya
Launcing dan Kuliah Umum Bild Institut Kalimantan Kelas Kabudaya Kabupaten Nunukan.

Dihadapan mahasiswa, Laura memaparkan materi Peran Strategis Young Leadership dalam Membangun Kabupaten Nunukan.

Dalam materi tersebut, Laura menggagas lima peran strategis calon pemimpin muda saat ini, yakni, memahami keadaan lingkungan sosial dan ekonomi masyarakat, mampu menganalisis kausalitas dari beragam peristiwa sosial.

Bupati Nunukan Sampaikan Kuliah Umum di Bild Institut Kabudaya
Mahasiswa Bild Institut Kalimantan, Kelas Kabudaya menyimak paparan kuliah umum Bupati Nunukan.

Merumuskan solusi atas permasalahan sosial, memanfaatkan sumberdaya pembangunan, SDA, SDM dan teknologi dalam meningkatkan produksi dan produktifitas untuk mencapai sasaran pembangunan masyarakat.

Serta mampu meningkatkan kemauan dan kemampuan SDM masyarakat yang dilandasi kepercayaan diri dan keswadayaan kuat agar lepas dari ketergantungan pihak luar.

” Jadi pemimpin tidak memutuskan kebijakan secara top down tetapi mendengarkan aspirasi masyarakat kemudian menetapkan sebuah gagasan yang ideal untuk kepentingan masyakat,” kata Laura.

Menurutnya pemimpin harus memiliki niat yang lurus agar mudah menghadapi situasi dan kondisi yang terjadi di tengah masyarakat.

Meski demikian, lanjutnya, niat harus dibarengi dengan usaha yang maksimal sehingga segala sesuatu dapat terwujud.

” Maka dari itu usaha atau ikhtiar itu penting bagi seorang pemimpin dan dibutuhkan ketekunan, kegigihan untuk mencapai tujuan,” kata Bupati yang bergelar Doctor Of Philosophy (Ph.D) ini.

Dengan Niat baik serta usaha maksimal, menurut Laura dapat menciptakan hasil yang terbaik, tiga hal ini, keywordnya adalah ke-ikhlas-an, sebab ikhlas akan membawa dampak positif dalam mewujudkan harapan masyarakat.

Bild Institut Kalimantan
Bupati Nunukan, Hj Asmin Laira Hafid memukul Gong sebagai tanda dukungan Pemerintah Daerah terhadap perguruan tinggi tersebut.

Karena itu, Laura berharap agar generasi calon pemimpin harus tampil menginspirasi anak muda di daerah, berinovasi seiring perkembangan potensi daerah dan berkolaborasi dengan seluruh steakholder yang ada di daerah.

Selama satu jam Bupati Nunukan memaparkan materi tersebut, Laura memberikan motivasi kepada puluhan mahasiswa yang hadir malam itu.

Antusias mahasiswa mengikuti kuliah umum tersebut terbilang tinggi karena disampaikan oleh Kepala Daerah yang tentunya memiliki pengalaman kepemimpinan dua periode.

” Kuliah umum ini sangat inspiratif tentu banyak pengalaman berupa tantangan yang ibu Bupati hadapi sehingga gagasan yang disampaikannya sesuai menginspirasi mahasiswa,” kata Mahasiswa Bild Institut Kalimantan ini.#mal.

Bagikan :