Press "Enter" to skip to content

Bupati Nunukan : Pesta Siaga Sarana Edukasi Dan Karakter Anak.

NUNUKAN, marajanews.id – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, selaku Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Nunukan, memimpin upacara Pembukaan Pesta Siaga Pulau Nunukan Tahun 2022 yang di tandai dengan Pelepasan Balon, kegiatan Pesta Siaga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT kabupaten Nunukan yang ke-23 Tahun, di depan Pasar Rakyat Perbatasan ( Paras) Nunukan, (19/10).

Bupati Nunukan : Pesta Siaga Sarana Edukasi dan Karakter anak.
Ratusan pramuka siaga dengan atribut warna-warni berbaris rapi di depan Pasar Perbatasan (Paras) Nunukan, Mereka bersiap mengikuti Upacara Pembukaan Perlombaan Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nunukan.

Ratusan pramuka siaga dengan atribut warna-warni berbaris rapi di depan Pasar Perbatasan (Paras) Nunukan, Mereka bersiap mengikuti Upacara Pembukaan Perlombaan Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nunukan, Pesta Siaga adalah pertemuan untuk golongan Pramuka Siaga, Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan dari bentuk: Permainan Bersama-sama dengan kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim dan sejenisnya.

Pembina Upacara Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nunukan , Bupati Laura, merasa bangga, karena di Era Gedget dan Media Sosial seperti saat ini, ternyata masih banyak anak-anak yang berminat untuk menjadi Anggota Pramuka.

“Saya merasa bangga, karena di Era Gadget dan Media Sosial seperti saat ini, ternyata masih banyak anak – anak kita yang masih berminat untuk bergabung menjadi anggota pramuka, siap menjadi anggota pramuka, artinya siap untuk diajak belajar hidup susah, hidup mandiri, dan belajar bekerja sama dengan orang lain.

Siap menjadi anggota pramuka artinya juga harus siap untuk memberikan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk orang lain, serta untuk Bangsa dan Negaranya.

oleh karena itu, saya menyambut baik kegiatan Pesta Siaga kali ini sebagai sarana untuk mendidik dan membentuk jiwa dan karakter anak – anak, sehingga kelak mereka tumbuh menjadi Generasi yang Kuat, Tangguh, Mandiri, dan memberi manfaat bagi Bangsa dan Negaranya,” Ujar Bupati Laura

Laura juga menyampaikan bahwa Pesta Siaga ini juga dapat sebagai Ajang memupuk Rasa Nasionalisme dan Jiwa Kepemimpinan kepada Anak-anak.

“Ini juga bisa Memupuk Rasa Nasionalisme, dan Jiwa Kepemimpinan kepada Anak – anak, sehingga mereka akan Menjelma menjadi Generasi yang siap untuk menerima Estafet Kepemimpinan Bangsa dan Negara ini, kepada anak – anakku sekalian, saya berpesan agar mengikuti kegiatan Pesta Siaga ini dengan penuh semangat, dengan gembira, dengan kekompakan, agar kalian bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.,” ujarnya.

Ketua DPRD Nunukan, Hj. Leppa.
Ketua DPRD Nunukan, Hj. Leppa hadir dalam kegiatan Pesta Siaga Pulau Nunukan 2022.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nunukan Kak Ismail menyampaikan, sebanyak 32 Barung 256 orang Ikuti Pesta Siaga dengan rincian : Nunukan Selatan 56 orang, Nunukan 200 orang masing-masing Pangkalan mengirimkan maksimal 4 Barung yang terdiri dari 2 Barung Putra dan 2 Barung Putri setiap Barung berjumlah 8 orang Siaga serta satu Pembina Damping Putra dan Satu Pembina Damping Putri berasal dari Gugusdepan, mengikuti Pesta Siaga yang bertema “Pramuka Siaga Terampil dan Gembira” dengan motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”

Kegiatan yang dilombakan antara lain : Lomba Tali Temali, Lomba Rangking 1 (Perorangan), Lomba Semangat Barung (Yel-yel), Lomba Puzzle (Pahlawan), Lomba Pembacaan UUD 1945 (Perorangan), Lomba Atribut Pramuka, Lomba Bercerita (Mendongeng ) (Perorangan), Lomba Menyebutkan Sila Pancasila Lambangnya, Lomba Olahraga Tradisional.

Turut Hadir dalam Upacara Pembukaan Pesta Siaga, Ketua DPRD Nunukan Hj.Leppa, Wakil Bupati Nunukan yang juga sebagai Ketua Kwarcab Nunukan, Mabiran, Unsur Pimpinan, Andalan Cabang dan Pembina Gudep di masing-masing Pangkalan

Acara dirangkaikan dengan Penyematan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) Gerakan Pramuka Tahun 2022, antara lain Penyematan Pancawarsa 1, 2 dan 3. #Adv.

Bagikan :