Press "Enter" to skip to content

Kendalikan Inflasi, Bupati Nunukan Bantu Pembudidaya Rumput Laut Dan Nelayan.

NUNUKAN, marajanews.id – Ekonomi Global mengalami turbulensi dalam dekade 2022.

Krisis Pangan, Energi (BBM) tak terhindarkan hingga mengakibatkan Dirupsi Geopolitik di Dunia.

Dampaknya, mengarah ke suluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Nunukan.

Sebagai langkah mengendalikan inflasi di bidang ekonomi, Pemerintah Daerah menjaga daya beli dengan mendorong upaya kebijakan dan memperkecil resiko Inflasi di tengah masyarakat.

Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D mengatakan, upaya pngendalian inflasi dilakukan melalui kebijakan Pemerintah Daerah dengan menggunakan belanja tak terduga.

Selain itu, Pengendalian Inflasi juga dilakukan melalui dukungan kuangan pemerintah daerah sebesar 2 persen dari dana transfer umum (DAK dan Dana Bagi Hasil) serta pengalokasian anggaran dari Dana Insentif Daerah (DID).

” Pemerintah Daerah mendukung pengendalian Inflasi melalui program kegiatan OPD, kali ini kita bantu masyarakat kita di sektor perikanan dan Budidaya.” kata Laura menyampaikan Sambutan, Jumat (2/12/22) di Aula Kantor Gabungan Dinas 1 Nunukan.

Menurut Laura, pengendalian inflasi merupakan upaya sinergitas antara TPIP dan TPID untuk mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat.

Kegiatan Budidaya Rumput Laut dan penangkapan ikan diyakini dapat membantu terpenuhinya tujuan tersebut, asalkan produksi dapat terjaga secara kontinu.

Untuk dapat membantu pembudidaya dan nelayan tetap berproduksi pemerintah daerah mengalokasikan bantuan sarana produksi bagi pembudidaya dan Nelayan sesuai dengan kebutihan masing masing kelompok.

Bantuan tersebut berupa Tali bettang, tali cincin, jaring dan terpal kepada pembudidaya rumput laut sebagai sarana budidaya.

Sedangkan Bantuan Nelayan Tangkap ditujukan pada Nelayan Bagang, berupa mesin genset.

” Dengan bantuan ini, kita berharap pembudidaya dan nelayan lebih bersemangat lagi meningkatkan aktifitas dan bersama sama membangun perekonomian masyarakat perikanan,” kata Laura.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis, Pemerintah berharap agar hal ini dapat menjadi momentum untuk sealing bersinergi, memberikan yang terbaik bagi masyarakat sesuai proporsinya.

Pemerintah dengan program dan kegiatan serta regulasinya, masyarakat dengan etos kerja, motivasi dan keinginannya untuk maju serta pengusaha yang menjadi mitra dengan mekanisme pasar yang sehat tentu akan berkontribusi pada pembangunan Kabupaten Nunukan. #Adv.

Bagikan :