Press "Enter" to skip to content

Ini Penetapan Penataan Daerah Pemilihan Di Kabupaten Nunukan.

Logo KPUD NunukanNUNUKAN, marajanews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan mensosialisasikan penetapan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Nunukan.

Sosialisasi ini merupakan tindaklanjut hasil keputusan KPU RI terkait dengan dapil Kabupaten Nunukan.

Ketua KPUD Nunukan, Rahman, S.P mengatakan, Dapil Kabupaten Nunukan untuk pemilu 2024 ada perbedaan baik dari jumlah kursi maupun jumlah dapilnya.

“ Dari 25 menjadi 30 dari 3 Dapil menjadi 4 Dapil, ini yang perlu diketahui masyarakat bahwa yang mengalami perubahan dapil itu Nunukan Selatan menjadi dapil II, Sebatik menjadi Dapil III, sedangkan Kecamatan Krayan, Tulin Onsoi, Sebuku, Sembakung, Sembakung Atulai, Lumbis, Lumbis Ogong dan sekitarnya, menjadi Dapil IV,” kata Rahman, Kamis (16/03/23) di Lt.IV Kantor Bupati Nunukan.

Rahman menjelaskan, Sosialisasi Penentuan Dapil sudah dilaksanakan pada tahap awal dengan Partai Politik kemudian LSM dan Tokoh Masyarakat.

Rahman Ketua KPUD Nunukan
Rahman Ketua KPUD Nunukan.

“ Hari ini kita tidak lagi mengundang partai politik, ini lebih kepada pemangku kepentingan, Camat, Lurah, Akademisi dan Organisasi Perangkat Daerah yang berada di wilayah Nunukan Selatan. “ tambahnya.

Untuk diketahui bahwa Daerah Pemilihan Nunukan I jumlah Kursi 11, Nunukan II 3 Kursi dan Dapil Nunukan III 8 Kursi dan Dapil Nunukan IV 10 Kursi.

Hal ini kata Rahman sesuai dengan Keputusan KPU RI PKPU No.6 Tahun 2023 tentang Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD.

Penambahan jumlah Dapil dan alokasi kursi tersebut  karna adanya pertumbuhan jumlah pendudukan di Kabupaten Nunukan yakni 200.138 Penduduk.

Sebelumya KPUD Nunukan menawarkan dua opsi daerah pemilihan, rancangan pertama penambahan dapil dan kedua penggabungan kecamatan menjadi satu dapil  NUnukan Selatan satu dapil dengan daerah pemilihan II Sebatik.

Namun yang disepakati setelah dilakukan uji publik adalah rancangan pertama, penambahan dapil, yang sebelumnya 3 dapil dan saat ini menjadi 4 dapil. #Adv

Bagikan :