Press "Enter" to skip to content

Sebelas OPD Belum Input SIPD P3DN, Ini Kata Bupati Nunukan.

NUNUKAN, marajanews.id – Sebanyak 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Belum melakukan penginputan produk dalam negeri melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah – Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (SIPD-P3ND).

OPD yang dimaksud adalah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Badan Pengelola Perbatasan, Dinas Kependudukan dan Capil, Dinas Pemadam Kebakaran, RSUD, SeKretariat DPRD, Satpol PP, dan Dinas Pendidikan.

” Sampai saat ini masih ada 11 OPD yang belum melakukan input SIPD P3DN, mudah – mudahan yang belum bisa merasa, dan segera menyelesaikannya,” kata Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D.

Hal tersebut diaampaikan Bupati Nunukan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (RAKORDAL) Semester I Tahun Anggaran 2023 di Kantor Sekretariat Daerah Nunukan, Kamis (27/07).

SIPD P3DN merupakan sistem aplikasi yang mengharuskan pemerintah daerah memprioritaskan penggunaan produk – produk dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Karena itu Laura dalam kesempatan meminta kepada OPD – OPD yang realisasi penyerapan keuangannya masih dibawah 50 persen agar segera menggenjot kinerjanya.

Dari 50 OPD, hanya ada 11 OPD yang memiliki realisasi fisik di atas 50 persen, 17 OPD realisasi fisiknya antara 30 – 50 persen, dan 22 OPD realisasi fisiknya di bawah 30 persen.

Untuk itu Laura berharap OPD terkait sesegera mungkin melakukan koordinasi dan evaluasi untuk meminimalisir masalah yang menghambat penyerapan anggaran.

“Lakukan koordinasi secara berjenjang, supaya bisa segera diidentifikasi, apakah karena perencanaan yang kurang baik atau target yang berlebihan, atau karebna ada kendala teknis yang lain,” kata Laura.

Dikesempatan teesebut, Bupati juga mengingatkan seluruh OPD agar dalam penyusunan program kegiatanya bisa mengintervensi penurunan angka kemiskinan ekstrem dan stunting yang sampai saat ini masih cukup tinggi.

Selain Wakil Bupati H. Hanafiah, Pembukaan Rakordal Semester I Tahun Anggaran 2023 itu juga dihadiri oleh Sekda Serfianus, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Abdul Munir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Asmar, Para Kepala OPD dan camat Se-Kabupaten Nunukan. #Adv.

Bagikan :