Press "Enter" to skip to content

Zainal Arifin Paliwang Lantik HKTI Nunukan.

NUNUKAN, marajanews.id – Ketua Umum DPD. Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kalimantan Utara, Brigjen. Pol. (Purn.) Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum. melantik Dewan Pimpinan Cabang HKTI Nunukan periode 2021 – 2026, Jumat (11/3) di halaman Kantor Bupati Kabupaten Nunukan.

Pembacaan Ikrar Pelantikan
Pengukuhan Pengurus DPC. HKTI Nunukan oleh Ketua DPD. HKTI Kalimantan Utara.

Pengukuhan DPC HKTI Nunukan ini akan menjadi pemantik terselengaranya sejumlah program yang dapat mengantarkan petani lebih maju mandiri dan moder di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia.

Hadirnya HKTI Di Kabupaten Nunukan bukan sekedar slogan namun menempatkan organisasi yang nantinya mendampingi para petani meningkatkan edukasi dalam hal produktifitas hingga proses pemasaran hasil pertanian.

Ketua DPD HKTI Provinsi Kaltara Kaltara
Ketua DPD HKTI Provinsi Kaltara Kaltara, Brigjen. Pol. (Purn.) Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum.

Ketua DPD. HKTI Provinsi Kaltara mengatakan, HKTI adalah organisasi sosial berskala Nasional berdiri sendiri dan mandiri yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktifitas profesi dan fungsi dalam bidang agrikultur dan pengembangan pedesaan.

” HKTI berperan penting dalam meningkatkan pendapatan kesejahteraan harkat dan martabat insan tani, penduduk desa dan pelaku agribisnis melalui pemberdayaan kelompok tani,” kata Zainal AP.

Selain itu, hadirnya HKTI di Kabupaten Nunukan, juga andil dalam meningkatkan komoditas usaha tani dan percepatan pembangunan pertanian sebagai basis pembangunan nasional.

Terkait hal tersebut, gubernur Kalimantan Utara ini menegaskan agar segenap personil dalam kepengurusan HKTI dapat melaksanaan tugas organisasi secara mandiri dan profesional agar petani di Kabupaten Nunukan lebih maju, mandiri dan modern.

Pengrus HKTI Nunukan
Ketua DPD. HKTI Kaltara dan Ketua DPC. HKTI Nunukan beserta Pengurus HKTI Nunukan.

” Saya berharap agar personil yang terlibat dalam kepengurusan dapat melaksanakan tugas organisasi sebaik baiknya, mari kita berupaya bersama meningkatkan produksi pertanian dalam arti luas, baik tanaman pangan holtikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kaltara pada umumnya dan para petani khususnya,” tegasnya.

Untuk itu HKTI dan seluruh pihak yang terkait dapat bersinergi mengembangkan pertanian dan memanfaatkan potensi SDA dan meningkatkan kualitas SDM yang dikelola melalui management profesional berbasis agribisnis, mulai dari pembangunan hulu subsistem budidaya hingga hilir dengan dukungan berbagai unsur penunjang.

” Mari jadikan Pertanian di Kaltara Maju Mandiri dan Modern dalam mewujudkan Kaltara maju dan sejahtera,” kata Zainal Arifin Paliwang.

Kelompok Tani Nunukan
Kelompok Tani Kabupaten Nunukan turut Hadir dalam Kegiatan Pelantikan DPC. HKTI Nunukan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Nunukan.

Zainal optimis potensi pertanian Kalimantan Utara meningkat karna memiliki lahan pertanian yang luas dan produktif, dengan potensi tersebut Kaltara berpeluang dengan ditetapkannya IKN di Provinsi Kalimantan Timur.

” Semoga dengan kepengurusan yang baru dilantik kita semua dapat bersinergi untuk memajukan pertanian diseluruh wilayah Kaltara dan meningkatkan kecintaan mengkonsumsi pangan lokal kalimantan utara,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Program Nasional HKTI tahun ini yaitu Satu Orang Satu Gelas Beras, anggota HKTI wajib menyisihkan satu gelas beras untuk penyandang disabilitas yang tentunya menjadi perhatian bagi seluruh anggota organisasi tersebut.

Kegiatan pengukuhan DPC HKTI Nunukan ini, dihadiri Penasehat HKTI Provinsi Kaltara Udin Hianggio, dr. Ari dan sejumlah pengurus DPD. HKTI Kaltara, Ketua DPRD Nunukan, Bupati Kabupaten Nunukan, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan serta kelompok Tani Kabupaten Nunukan.#mal.

Bagikan :