Press "Enter" to skip to content

Tingkatkan Produktifitas Nelayan Dan Pembudidaya, Bupati Nunukan Salurkan Alat Perikanan.

NUNUKAN, marajanews.id – Upaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan Nelayan di Kabupaten Nunukan, Pemerintah Daerah menyalurkan bantuan Alat tangkap perikanan dan budidaya kelautan ke sejumlah Kelompok Nelayan dan Pembudidaya.

Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D
Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D

Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D mengatakan bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemerintah kepada seluruh nelayan yang berada di Kabupaten Nunukan.

“Jadi ini berbagai macam bantuan, hari ini simbolis saja, nanti dinas terkait secara tehnis akan menyalurkan, jadi ini merupakan bentuk perhatian kita, mudah mudah bisa bermanfaat untuk bapak ibu penerima bantuan,” Kata Laura, usai mendistribusikan bantuan ke Nelayan dan Pembudidaya di Aula Gadis I Nunukan, Selasa (12/9/23).

Laura menambahkan, bantuan ini terlebih dahulu diberikan kepada Nelayan dan Pembudidaya yang memiliki syarat, meskipun masih sebagian besar yang belum terjangkau.

” Masih banyak yang belum menerima bantuan, namun kita tetap mengupayakan lagi kedepannya yang belum tersentuh baik itu perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.” ungkap Laura.

Penyerahan bantuan tersebut digelar secara simbolis, Pemerintah Daerah menyerahkan bantuan ini kepada kelompok kelompok nelayan di Kabupaten Nunukan.

Hal ini bertujuan untuk mendukung Pembudidaya dan nelayan,guna mempertahankan produktifitas masyarakat agar perekonomian di Kabupaten Nunukan terus bergerak.

Program Perikanan budidaya bantuan tersebut berupa perahu, mesin ketinting, tali, pelampung, terpal, tali anting, lantai jemur, bibit ikan tawar dan pakannya serta bibit ikan bandeng dan pakan.

Bupati Nunukan menghimbau Kelompok Nelayan dan Pembudidaya penerima bantuan, untuk tidak memperjualbelikan bantuan tersebut, dan diharapkan bisa digunakan secara bergiliran.

” Disini saya tekankan, jangan sampai di jual, karena bermaksud adil di kelompoknya akhirnya dijual kemudian dibagi rata, bukan itu maksud kita, barang yang diberikan agar dipakai dikelompoknya secara bergantian, dan ketika itu terjadi, tidak akan mendapat lagi bantuan,” tegasnya.

Lebih lanjut Laura menjelaskan, pennggunaan alat tangkap dan budidaya kelautan tersebut akan diawasi oleh penyuluh lapangan baik dari Perikanan maupun Pertanian.

Bupati Nunukan Serahkan Bantuan Perikanan
Bupati Nunukan Serahkan Bantuan Alat Tangkap Perikanan dan Budidaya Rumpit Laut.

” Pemerintah Daerah memberikan bantuan, sebagai bentuk perhatian kepada para nelayan dan para petani, baik yang berada di Dinas Perikanan dan Pertanian, harapan kita agar bagaimana bantuan ini dapat di manfaatkan, untuk usaha usaha mereka untuk menjadi nilai tambah mereka dan mengurangi biaya usaha mereka, disini di tekankan agar tidak di jual agar lebih bermanfaat,” tambahnya.

Adapun bantuan yang di berikan melalui dana DAK 2023 berupa sarana prasarana budidaya rumput laut sebanyak 30 Pokdakan, budidaya air payau sebanyak 7 Pokdakan, budidaya air tawar sebanyak 30 Pokdakan.

Kemudian jumlah penerima bantuan melaui APBD 2023, sarana prasarana budidaya rumput laut sebanyak 2 Pokdakan, Penjemuran rumput laut sebanyak 3 Pokdakan, budidaya air tawar sebanyak 4 Pokdakan.

Jumlah Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang menerima Bantua Perahu dan perlengkapannya, sebanyak 10 KUB,Alat Penangkapan Ikan95 Paket, MesinKapal/Perahu 54 Unit, Peti Ikan/Cool Box 95 Unit dan Solar Cell 50 Unit.#Adv

Bagikan :