Press "Enter" to skip to content

Pemkab Nunukan dan Bank Kaltimtara Teken MOU Biller Aggregator Pajak dan Retribusi Daerah.

NUNUKAN, marajanews.id – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid didampingi Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah menghadiri acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Biller Aggregator Pajak Daerah dan Retribusi Daerah antara Pemerintah Kabupaten Nunukan dengan PT. BPD Kaltim Kaltara di Ruang Rapat VIP Lantai IV, Jumat (15/09/23).

Penandatanganan Kesepakatan Bersama Biller Aggregator Pajak Daerah dan Retribusi Daerah antara Pemerintah Kabupaten Nunukan dengan PT. BPD Kaltim Kaltara.
Kesepakatan Bersama Biller Aggregator Pajak Daerah dan Retribusi Daerah antara Pemerintah Kabupaten Nunukan dengan PT. BPD Kaltim Kaltara.

Biller Aggregator ini merupakan Sistem mengumpulkan pembayaran organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai pengampu Retribusi Daerah dengan cara penerbitan Kode Pembayaran atau Id Billing standar sehingga bisa dilakukan pembayaran melalui kanal pembayaran perbankan yang sudah bekerja sama.

Kesepakatan implementasi Biller aggregator ini merupakan langkah dan upaya pemerintah daerah dalam memperluas jaringan pembayaran pajak dan retribusi melalui merchan yang nantinya bekerjasama dengan Bank Kaltimtara yang statusnya berkedudukan sebagai bank rekening kas umum daerah (RKUD).

Tujuannya adalah untuk mensentralisasi Pembayaran Pendapatan Retribusi Daerah dari Semua OPD yang mengelola Retribusi, Penerapan Elektronifikasi Transaksi Pendapatan Daerah, Standarisasi Kode Pembayaran (Id Billing) kepada seluruh OPD pengelola Retribusi Daerah, dan Mengurangi Perjanjian Kerjasama antara Bank dengan OPD.

Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D
Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D

Bupati Kabupaten Nunukan, Hj Asmi Laura Hafid, SE, MM, Ph.D mendukung kerjasama ini dalam rangka untuk memaksimalkan potensi retribusi dan pajak daerah untum mewujudkan pembangunan daerah yang lebih maju dan sejahtera.

“Kepada segenap pimpinan OPD, para kabag, para camat, dan undangan yang hadir pada kesempatan kali ini saya mengajak mari kita dukung program ini dan turut mensosialisasikannya sehingga tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi daerah dapat semakin meningkat” kata Laura.

Kegiatan MOU Biller Aggregator
Kegiatan MOU Biller Aggregator dihadiri organisasi Peranglat Daerah Kabupaten Nunukan.

Tahun yang lalu, softwear Bapak Tiri Hebat diluncurkan sebagai aplikasi yang mempermudah wajib pajak mengaplikasikan pembayaram pajak, Aplikasi tersebut berjalan dan masih efektif digunakan.

Hal ini merupakan wujud nyata dari semangat inovasi dan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

Dan hari ini, kembali Pemerintah Kabupaten Nunukan selangkah lebih maju lagi dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah, yakni menyepakati implementasi Biller Aggregator Pajak Daerah dan Retribusi Daerah bersama PT. BPD Bank Kaltim Kaltara.

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan, Camat Nunukan dan Nunukan Selatan serta Pimpinan Bank Kaltimtara Cabang Kabupaten Nunukan.#Adv.

Bagikan :