Press "Enter" to skip to content

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Jaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Di Tahun Politik.

NUNUKAN, marajanews.id – memasuki tahun politik pemilu 2024, sangat rentan dengan perpecahan, konflik psikologis dan jauh dari harmonisasi sehingga hal tersebut berpotensi melemahkan persatuan san kesatuan bangsa.

Anggota Komite I MPR RI / DPD RI, Asni Hafid mengatakan, Tahun ini apalagi mendekati pesta demokrasi Pemilu 2024, sosialisasi empat pilar dapat dijadikan vaksin Ideologi dan moral.

Hal tersebut sangat dibutuhkan agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga untuk meminimalisir bahkan menghilangkan konflik antar kontestan dan pendukung.

” Jika rasa persaudaraan demikian kuat terjaga dengan  baik dan konsisten, maka perbedaan pilihan dalam Pemilu 2024 bukanlah menjadi alasan untuk saling berselisih,” ujarnya saat menyampaikan sambutan, pada Rabu (11/10/23) malam di Kelurahan Selisun, Kecamatan Nunukan Selatan.

Lebih lanjut disampaikan Asni Hafid, bukan hanya orang tua ataupun anak muda yang wajib menjaga persatuan dan kesatuan pada pemilu 2024, namun seluruh pemangku kepentingan ikut serta terjaga dan menjaga kondusifitas dinamika politik.

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI.
Sosialisasi 4 Pilar MPR RI oleh Asni Hafid di Kabupaten Nunukan.

Menurut Anggota MPR / DPD RI ini, Empat pilar kebangsaan merupakan nilai-nilai luhur yang menjadi panduan maupun pegangan sebagai masyarakat di kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai luhur itu salah satunya adalah Pancasila yang merupakan landasan utama dan didalamnya terdapat nilai-nilai yang mempersatukan kemajemukan sehingga  tidak mudah untuk terpengaruh dengan hal-hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan.

” Makna Persatuan dan Kesatuan ada disetiap pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhimeka Tunggal Ika, inilah yang harus kita pedomani sebagai bangsa Indonesia,” tegas Asni Hafid.

MPR RI / DPD RI akan terus membumikan pemahaman empat pilar kebangsaan ini di di wilayah perbatasan, karena menjadi satu kewajiban dan tugas utama setiap anggota DPD RI agar masyarakat atau generasi saat ini dapat menkadi generasi yang kuat menjaga integritas bangsa dan Negara Republik Indonesia.

“Dengan adanya sosialisasi empat pilar ini, melahirkan generasi muda yang berkarakter dengan rasa nasionalisme yang tinggi, cinta tanah air, berakhlak mulia, beretika dan meemiliki semangat bekerja keras karena masa depan bangsa ada ditangan generasi muda,”lanjutnya.

Warga di Kelurahan Selisun, Nunukan Selatan ini antusias mengikuti sosialisasi tersebut, terlihat dari jumlah peserta yang semakin bertambah, baik orang dewasa, orang tua, maupun generasi millenial di kelurahan tersebut.

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI oleh Asni Hafid di Kabupaten Nunukan.
Sosialisasi 4 Pilar MPR RI oleh Asni Hafid di Kabupaten Nunukan.

Sosialisasi ini juga dihadiri ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa, yang juga berkesempatan memberikan pemahaman kepada warga terkait pentingnya mempedomani nilai nilai empat pilar kebangsaan Indonesia.

Kolaborasi antara anggota MPR RI / DPD RI dan Ketua DPRD Nunukan menyemarakkan suasana sosialisasi empilar MPR RI ini, karena dua tokoh politik ini selalu hadir menyemangati sekaligus memberikan solusi terkait dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

Diawal kegiatan sosialisasi ini, panitia membagikan paket buku materi sosialisasi empat pilar MPR RI, selain itu panitia juga memberikan dana transportasi kepada seluruh peserta.

Hal ini diharapan agar masyarakat juga dapat berpartisipasi menyebarluaskan nilai nilai kebangsaan di lingkungan masing masing, sehingga strategi penyampaian nilai nilai pilar kebangsaan Indonesia dapat mengakar disetiap lapisan masyarakat Kabupaten Nunukan.#Adv

Bagikan :