Press "Enter" to skip to content

Beda Etnis Dalam Satu Persatuan Untuk Nunukan Lebih Maju.

NUNUKAN, marajanews.idMakna bhineka Tunggal ika tercipta dalam acara Silaturahmi dan Buka Puasa bersama organisasi masyarakat Banjar Kabupaten Nunukan.

Dua etnis melebur menjadi satu tanpa jarak dan sekat, bersatu membangun Nunukan lebih maju.

 “Kaya apa habar pian seberataan?,” (Apa kabar semuanya?). Demikian H. Andi Muhammad Akbar Djuarzah menyapa Bubuhan Banjar mengawali sambutannya dalam acara tersebut pada Kamis (4/4/24)  di 93 Café & Resto Nunukan.

Dua etnis melebur menjadi satu tanpa jarak dan sekat, bersatu membangun Nunukan lebih maju.
Suasana Acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bubuhan Banjar bersama H. Andi Akbar M Djuarzah.

Sapaan ini merupakan bentuk kedekatan Andi Akbar dengan kelompok etnis banjar di wilayah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Pertanyaan menyapa dengan menggunakan bahasa daerah Banjar tersebut segera saja mendapat respon dari bubuhan Banjar yang hadir, hingga membangun susana keakraban antara satu dengan lainnya.

Selain sesama bubuhan banjar, dalam kesempatan tersebut Andi Akbar selaku wakil rakyat di tingkat provinsi, kegiatan ini juga di hadiri Ketua KONI Nunukan, Samran.

Jalinan silaturahmi ini membawa ke suasana persaudaraan antara dua etnis, Bugis dan Banjar yang merupakan suku besar di Indonesia, memiliki Sejarah dan budaya yang melimpah.

Suku Bugis berasal dari Sulawesi Selatan. Mereka dikenal sebagai pelaut dan pedagang yang ulung, dan telah menyebar ke seluruh penjuru Nusantara.

Etnis ini terkenal dengan budaya maritimnya yang kuat, dan memiliki banyak tradisi dan adat istiadat yang berkaitan dengan laut.

Sedangkan Suku Banjar berasal dari Kalimantan Selatan, dikenal sebagai petani dan peternak yang handal, dan telah membangun peradaban yang maju di wilayah Kalimantan.

Selain itu  etnis ini juga terkenal dengan budaya agrarisnya yang kuat, dan memiliki banyak tradisi dan adat istiadat yang berkaitan dengan pertanian.

Suasana Acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bubuhan Banjar bersama H. Andi Akbar M Djuarzah.
Suasana Acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bubuhan Banjar bersama H. Andi Akbar M Djuarzah.

Keduanya tentu memiliki tujuan yang sama membangun Kabupaten Nunukan lebih maju, gerak langkah Pembangunan Kabupaten Nunukan harus melibatkan seluruh etnis untuk menentukan arah Pembangunan yang dicita citakan bersama.

Demikianlah prinsip yang terus dibangun H. Andi Muhammad Akbar Djuarzah, ia senantiasa merangkul seluruh pihak yang tentunya dapat membersamai visi misinya sebagai bakal Calon Bupati Nunukan periode mendatang.

Menurutnya pertemuan tersebut merupakan hal yang Istimewa yang di dapatkan dalam keseharian selama mengenal bubuhan banjar di Kabupaten Nunukan.

“Satu hal yang menjadi cukup istimewa saya dapatkan dari keseharian selama mengenal bubuhan Banjar, saya begitu terkesan dengan keramah tamahan,  kehalusan budi pekerti serta keakraban yang selalu ditunjukkan pada siapa saja,” kata Andi Akbar.” Dalam acara Silaturahmi tersebut.#Adv

Bagikan :